36819 KALI DIBACA

Direksi PTP-N I Langsa “Mendukung Pelepasan” Lahan Yang di Ajukan Geuchik Gampong Buket Rata

Direksi PTP-N I Langsa “Mendukung Pelepasan” Lahan Yang di Ajukan Geuchik Gampong Buket Rata
example banner

Langsa,Realitas – Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat PTP-Nusantara I Langsa ,yang dijabat oleh Deddy Mulyadi,dalam siaran press Realesenya,yang diterima wartawan,Media Realitas,Selasa (25/6/2019) diruang kerjanya memaparkan.


Kalau pihak Direksi PTP Nusantara I Langsa. Mendukung untuk pelepasan lahan diwilayah Desa Buket Rata,Kecamatan Langsa Timur,Kota Langsa.
Mengenai Permintaan masyarakat yang diawali oleh, Geuchik Gampoeng Buket Rata, sebagaimana surat nomor 41/2013/2019 tanggal 4 Maret 2019.

Prihal permohonan untuk perluasan pemukiman, dimana dalam surat tersebut. Lanjut isian press realese itu.Pihak Gampoeng Buket Rata,memintakan sebagian luas HGU PTP-Nusantara I. Seluas 50.000 M2 atau 5 Ha untuk kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana Gampoeng Buket Rata.


Menanggapi tentang kebutuhan lahan bagi masyarakat Buket Rata,Kecamatan Langsa Timur. Pembebasan lahan/tanah milik Negara yang masih produktif. Yang dalam hal ini digunakan oleh Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Proses pelepasan terhadap lahan tersebut. Harus dilakukan sesuai prosudur yang ada dan mengacu kepada. UU nomor 2/2012. Sebagaimana yang tertuang didalam pasal 9 ayat “2”. Dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Langsa.

Maka sepanjang dasar hukum terpenuhi, sesuai UU no 2/2012 yang berlaku. Dijadikan untuk proses pembebasan tanah HGU yang ditujukan permohonan kepada pemegang saham holding PTPN. Serta Menteri BUMN berjalan sesuai dengan rencana mendapat persetujuan dari pemegang saham. “Kita tetap menghargai, wacana tesebut”. Ucap Deddy Mulyadi, ketika dihubungi via hp.

Dalam siaran presnya itu, kasubag Humas PTP-Nusantara I ini juga menjelaskan. Daerah gampoeng Buket Rata Kecamatan Langsa Timur, yang merupakan bagian dari HGU (Hak Guna Usaha) PTP-N I dengan nomor 124 tahun 1999. Kebun Lama dengan luas 2.797,40 Ha Pondok Pabrik Kota Langsa.

Afdeling Buket Rata,merupakan Afdeling III Kebun Lama.Yang lokasi perumahanya berada di dalam HGU PTP-N I Desa Buket Rata.Dengan jumlah perumahanya 115 pintu,yang dibangun sejak tahun 1983. Dimana keberadaan kebun tersebut,telah berdiri sejak tahun 1912.

Seiring dengan waktu,dari 115 pintu,ditempati oleh Karyawan 87 KK (Kepala Keluarga) terdiri dari Karyawan aktif 29 KK. Karyawan pensiun 36 KK dan non Karyawan sebanyak 22 KK.

Dijelaskanya juga, adanya non karyawan bertempat tinggal dirumah Perusahaan. Kerena adanya permohonan untuk menempati rumah tersebut. Namun sewaktu-waktu bila dibutuhkan oleh Perusahaan dapat dikembalikan.

Menyikapi terhadap proses yang sedang berjalan,dalam upaya pelepasan lahan. Di Gampoeng Buket Rata,Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa. Yang dilakukan oleh berbagai pihak. Kasubag Humas PTP-Nusantara I Langsa,Deddy Mulyadi.

Meminta kepada seluruh masyarakat yang mendiami Gampoeng Buket Rata,untuk selalu menjaga kesatuan dan persatuan yang telah terjalin selama ini.”Dan apapun hasil yang dikeluarkan, oleh berbagai pihak yang berkompeten dalam proses tersebut haruslah kita menghargainya”,demikian dikatakan Kasubag Humas PTP-N I Langsa, mengatakan kepada wartawan Media Realitas via hp Selasa malam (25/6/2019).(efendi musa) 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS