26219 KALI DIBACA

Puluhan Kader Ulama Aceh Selatan Dapatkan Pendidikan

Puluhan Kader Ulama Aceh Selatan Dapatkan Pendidikan
Peserta dan para undangan yang hadir dalam serangkaian acara pembukaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) tahun 2019 di Aceh Selatan.
example banner

Tapaktuan | Realitas – Sebanyak 22 orang kader ulama di Kabupaten Aceh Selatan tahun 2019 mendapatkan pelatihan dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Selatan.

Pendidikan ulama di daerah penghasil komanditi pala tersebut, yang terdapat dari 22 orang itu tersebar di 18 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan yang akan berlangsung di Hotel Pantai Cahaya Tapaktuan selama 24 hari.

Hal tersebut sebagaimana laporan Ketua Panitia pelaksana pendidikan ulama pada pembukaan acara tetsebut juga sebagai Kepala Sekretariat MPU Aceh Selatan, Teuku Masrtizar, S. Hut, M. Si.

Peserta dan para undangan yang hadir dalam serangkaian acara pembukaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) tahun 2019 di Aceh Selatan.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Selatan, H. Azwir, S. Sos dan diwakili Sekda, H. Nasjuddin, SH, MM, berlangsung Kamis (4/4/2019), selain dihadiri peserta PKU, SKPK Dan Forkopimda setempat.

Dalam sambutannya mengatakan, disebuah tatanan pemerintahan yang diajarkan dalam agama Islam.

Hal tersebut ada dua kelompok atau golongan yang menjadi panutan umat.

Dan apabila keduanya baik, maka baik pula manusia lainnya dan apabila keduanya buruk, maka buruk pula yang lainnya ulama dan ummara.

Sebab antara ulama dan ummara harus terbangun sinerginitas dan kerjasama yang baik, karena masyarakat akan menjadikan fakta tersebut sebagai acuan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Apalagi sekarang yang dihadapi permasalahan sudah berubah dan semakin kompleks saat ini upaya untuk menghancurkan Islam melalui retorika dan propaganda pendangkalan akidah yang sasarannya utama kepada generasi muda Islam akhir-akhir ini sudah melenceng dari subtansinya hukum Islam sudah dibubarkan.

Sekarang bisa kita buktikan, banyak Al-Quran yang dicetak dan beredar luas, namun tidak orisinil, perbuatan yang haram dan halal dibuat remang-remang, sehingga membingungkan umat terutama kader ilmu agamanya masih relatif rendah.

Maka sebab itu diharapkan kepada peserta pendidikan kader ulama dalam Kabupaten Aceh Selatan, untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat ilmu yang didapati, katanya.

Dikesempatan itu juga Ketua MPU Aceh Selatan, Tgk H. Teuku Armia Ahmad ikut serta memberikan penjelasan, bahwa Pendidikan Kader Ulama (PKU) merupakan program utama pada setiap tahunnya dilakukan pada tingkat provinsi, kota/Kabupaten dalam Provinsi Aceh.

Disini menjadi tanda tanya kenapa ini dilakukan, karena PKU dipandang penting dan strategis untuk melahirkan kader ulama, mengawal, melaksanakan dan memastikan ajaran Islam berjalan sesuai dengan Al-Quran dan Hadist.

Pada sisi lain sudah sangat banyak para alim ulama yang wafat dan sangat sulit untuk mencari penggantinya.

Sekarang ucapnya, kehilangan ulama dapat diibaratkan kehilangan lampu penerang bagi ummat.

Oleh karenanya, pendidikan kader ulama yang kita laksanakan ini diharapkan mampu menggantikan para ulama-ulama yang sebelumnya berkontribusi untuk umat. (Zulmas/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS