27219 KALI DIBACA

Jelang Pemilu, 854 Linmas Di Abdya Ikut Latihan Pengamanan TPS

Jelang Pemilu, 854 Linmas Di Abdya Ikut Latihan Pengamanan TPS
Foto: Realitas/Syahrizal Para tenaga linmas berkumpul di Halaman Satpol PP dan WH Abdya dalam rangka mengikuti pelatihan dasar tentang pengamanan TPS, Kamis (4/4/2019).
example banner

Blangpidie | Realitas – Sebanyak 854 Satuan Perlindung Masyarakat (Satlinmas) yang akan bertugas di 427 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dibekali latihan dan tatacara pengamanan dilokasi TPS pada saat hari pencoblosan 17 April 2019 mendatang.

Kasat Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (PP dan WH) Abdya, Riad SE, Kamis (4/4/2019) menjelaskan, masing-masing TPS nanti akan dijaga 2 (dua) personel Linmas.

Untuk itu, pihaknya memberikan pelatihan mulai dari baris-berbaris, wawasan dan juga simulasi dalam proses pengamanan TPS.

Pelatihan yang berlansung selama satu hari itu, dibagi menjadi tiga wilayah. Bagi tenaga Linmas yang berasal dari Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng dan Tangan-Tangan akan dilatih di Lapangan Bola Kaki, Desa Seunulop, Kecamatan Manggeng.

Tenaga Linmas yang tinggal di Kecamatan Setia, Blangpidie dan Susoh akan dilatih di Kantor Satpol PP dan WH Abdya.

Sedangkan untuk tenaga Linmas yang tinggal di Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee dan Babahrot bertempat di lapangan Bola Kaki, Desa Sikabu, Kecamatan Kuala Batee.

“Kalau bertumpu pada satu tempat saja tidak akan cukup, karena terlalu banyak tenaga Linmas, nanti kita akan menggunakan tenaga pelatih dari Polisi, TNI dan Satpol PP,” ungkap Riad di ruang kerjanya.

Perengkrutan tenaga Linmas ini, lanjut Riad, bedasarkan rekomendasi dari kepala desa (Keuchik) masing-masing.

Syarat utamanya, tenaga Linmas itu minimal memiliki ijazah SMA sederajat.

“Kita hanya menerima usulan keuchik saja. Dimana, data itu sudah kita input sejak bulan November 2018 lalu,” sebutnya.

Untuk kelengkapan tenaga Linmas, pihaknya telah menyiapkan seragam lengkap yang akan digunakan pada saat memasuki hari pemungutan suara nanti.

“Tadi pagi sejumlah atribut itu lansung diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Abdya di halaman kantor Satpol PP dan WH Abdya,” terangnya lebih lanjut.

Pada saat pembukaan pelatihan itu, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT berpesan kepada para tenaga Linmas bahwa tugas yang akan diemban kedepan cukup berat.

Selain Pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) juga pemilihan legislatif (Pileg) DPRK, DPRA, DPR RI dan DPD.

Maka pelatihan ini wajib untuk diikuti agar melahirkan Linmas yang profesional disaat mengamankan hari pencobolosan mendatang.

“Kita berharap pelatihan Linmas ini benar-benar menjadi dasar dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu, sehingga pemilu nanti akan berjalan aman, tertib dan sukses,” demikian paparnya. (Syahrizal/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS