71019 KALI DIBACA

Banjir di Aceh Selatan Diwarnai Tangisan Histeris Anak-Anak

Banjir di Aceh Selatan Diwarnai Tangisan Histeris Anak-Anak
Photo satu terlihat warga sedang Mengungsi ketempat yang aman

Tapaktuan | Media Realitas, Ribuan rumah di Kabupaten Aceh Selatan, terendam banjir hingga mencapai ketinggian 1 meter hingga 2 meter lebih.

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga melumpuhkan akses darat di tiga kecamatan yang ada, serta memaksa ratusan warga dievakuasi ke posko penampungan korban banjir dengan diwarnai tangisan histeris anak-anak.

Terlihat di photo di atas kondisi rumah warga yang terendam air banjir di Aceh Selatan.MEDIA REALITAS/ZULMAS

Karena curah hujan yang tinggi dalam kurun waktu sepekan terakhir menyebabkan meluapnya sungai gelombang Aceh Selatan, akibatnya sebanyak 3 kecamatan yang berada di Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

Warga yang berada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota Bahagia, Kecamatan Trumon Timur dan Kecamatan Trumon Tengah tepaksa dievakusasi tim SAR gabungan yang terdiri dari personel TNI-Polri, SAR Aceh Selatan, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Akibat kondisi rumah mereka terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter hingga 2 meter lebih.

Saat ini desa yang terparah terkena banjir meliputi 2 desa, yakni Desa Lhok Raya dan Cot Bayu. Di lokasi ini , genangan banjir yang merendam pemukiman warga, sudah mencapai ketinggian 2 meter dan membuat semua aktifitas warga lumpuh total .

Saat ini pemerintah daerah melaui BPBD dan Dinas Sosial sudah mendirikan posko pengunsian sebanyak 4 tenda dan satu dapur umum yang dibangun di lokasi kompi Brimob Trumon, Kabupaten Aceh Selatan. Diposko ini, pengungsi sudah mencapai ratusan jiwa.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma di Tapaktuan, mengatakan, musibah banjir telah mengakibatkan ratusan warga harus mengungsi ke lokasi titik pengungsian yang didirikan di Kompi Brimob Ladang Rimba, Trumon Tengah.

“Berdasarkan data terakhir yang diupdate sampai hari ini, sebanyak 70 kepala keluarga (KK) atau 187 jiwa warga Desa Lhok Raya, Kecamatan Trumon Tengah ditambah 36 KK atau 93 jiwa warga Desa Ujong Tanoh, Kecamatan Trumon telah dievakuasi ke lokasi titik pengungsian,” kata Cut Syazalisma.(MR. ZUL)

Subscribe

MEDIA REALITAS