60819 KALI DIBACA

UMK Deliserdang Belum Diteken Gubsu

UMK Deliserdang Belum Diteken Gubsu
Kabid PHI Disnakertrans Deliserdang, Mustamar

LUBUK PAKAM, Sumut | media Realitas – Dewan Pengupahan Daerah (Depeda) Kabupaten Deliserdang hingga kini menyebut belum ada mendapat kabar kapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deliserdang Tahun 2018 yang sudah direkomendasikan ke Gubernur akan ditandatangani.

Ketua Depeda Deliserdang, Mustamar menyebut berdasarkan ketentuan sebenarnya Gubernur harusnya menandatangani UMK setiap tanggal 21 November dan pada 1 November menandatangani Upah Minimum Provinsi.

“Karena belum adanya penetapan dari Gubernur atas UMK yang telah direkomendasikan, maka berpengaruh kepada penentuan besaran Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) Tahun 2018. Gak bisa kita rapat untuk UMSK ini karena dasarnya UMK belum diteken. Kalau ditanya sama orang Provinsi katanya sedang proses sedang proses gitu aja.

Lagi menunggunya semuanya ini, kalau sudah ditetapkan berapa UMK nanti ya kita adakan lagilah pembahasan sama Depeda untuk UMSK. Ya memang bisa saja pembahasan untuk UMSK itu satu hari, dua hari atau tiga hari. Lihat situasinya lah kalau gak sepakat cemana ya ditunda. Tau saya kalau ini juga sudah dipenghujung tahun,”ujar Mustamar.

Kepala Bidang Perselisihan Hubungan Industrial (PHI) Dinas Ketenagakerjaan Deliserdang ini berpendapat biasanya UMK tidak pernah ditetapkan diawal tahun. Namun tidak dipungkirinya kalau penetapannya lebih cepat lebih baik karena rekomendasi UMK juga sudah lama diberikan Pemkab Deliserdang ke Gubernur.

UMK Deliserdang direkomendasikan Bupati Ashari Tambunan pada 28 November lalu sebesar Rp 2.720.100. Besaran ini ditentukan setelah dilaksanakan rapat pembahasan oleh Dewan Pengupahan Daerah (Depeda) Kabupaten Deliserdang.(hendra)

Subscribe

MEDIA REALITAS