75619 KALI DIBACA

Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Karang Waringin Kecamatan Tanjung Raja.

Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Karang Waringin Kecamatan Tanjung Raja.
example banner

KOTABUMI | Media Realitas-Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., menghadiri Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Karang Waringin Kecamatan Tanjung Raja. Selasa (21/11/2017).

Hadir Kapolres AKBP Eka mulyana Kabupaten Lampung Utara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Lampung, Forkopimda Kecamatan Tanjung Raja, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara,(Lampura) para Camat, Kepala Desa Karang Waringin, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampung Utara, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat.

Acara tersebut diawali dengan Apel siaga bencana yang diikuti oleh TAGANA Kabupaten Lampung Utara, Anggota Kampung serta para pelajar dari tingkat SD sampai SMP.

Setelah Apel dilanjutkan dengan laporan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara, H. M Erwisyah, S.STP., M.Si., mengatakan ditetapkannya Kampung Siaga Bencana (KSB) Way Gendot untuk mengantisipasi bencana yang datangnya tidak terditeksi.

Bapak Bihanto, S.Pd., selaku tokoh masyarakat Desa Karang Waringin dalam sambutannya mengatakan dalam kepemimpinan Bupati Lampung Utara saat ini Way Gendot sudah banyak perubahan, khususnya pembangunan Infrastruktur dan adanya listrik. selain itu, program pendidikan serta kesehatan telah drasakan oleh masyarakat Way Gendot.

“Ini merupakan kenyataan dari segala mimpi-mimpi kita semua dan harapan kita sudah dipenuhi oleh Bupati Lampung Utara.” Ungkapnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial Provinsi lampung, Bapak Muhammad Risko Irawan mengatakan menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kementerian Sosial RI yang telah menyetujui Desa Karang Waringin Kecamatan Tanjung Raja sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Lampung Utara. mengingat hal utama dalam Penanggulangan bencana adalah bagaimana menyelamatkan sebanyak mungkin masyarakat agar tidak menjadi korban bahkan korban jiwa.

Kepala Dinas Provinsi Lampung berharapk kepada masyarakat dan semua pihka yang terlibat dalam Kampung Bencana ini agar benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena dengan itu dapat membatu menyelamatkan jiwa manusia dan meminimalisir korban.

“Dengan terbentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB), semoga Desa Karang Waringin dapat mengantisipasi segala bencana yang datang” Tutupnya.

Penyerahan bantuan-bantuan dari Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial provinsi Lampung kepada masyarakat Desa Karang Waringin berupa lumbung sosial, santunan untuk 20 anak yatim secara simbolis oleh Bupati Lampung Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara mengatakanBencana adalah rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam atau faktor non alam. Maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial, bersama Pemerintah Daerah melaksanakan kegiatan pembentukan “Kampung Siaga Bencana” yang dilaksanakan diwilayah-wilayah rawan bencana.Dimana masyarakat diberikan kesempatan seluas-luasnya dalam upaya merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan sendiri upaya penanggulangan bencana.

Dijelaskan oleh Bupati, bahwaKampung Siaga Bencana merupakan program nasional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang merupakan wadah formal penanggulangan bencana berbasis masyarakat dalam kawasan atau tempat untuk program penanggulangan bencana. Dengan tujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, dengan cara menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di lingkungan setempat, juga memberikan kesadaran dan memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat.

“Saya sebagai Koordinator Pelayan Masyarakat mengharapkan agar organisasi pelaksana yang terlibat sebagai personil “Kampung Siaga Bencana” harus mampu melakukan kolaborasi, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder yang terdapat dilingkungan setempat, baik unsur pemerintahan, swasta, LSM, relawan dan masyarakat pada umumnya.” Ujar Bupati Agung.

Selain itu, melalui kegiatan Kampung Siaga Bencana ini diharapkan dapat terkondisi masyarakat yang semakin berdaya dan lebih siap sebagai subjek maupun objek pembangunan, karena masyarakat akan ditempatkan sebagai pihak pertama dan utama dalam penanggulangan bencana sebelum datangnya bantuan lain.

Selanjutnya, Bupati berharap di Desa Karang Waringin ini dapat dijadikan sebagai wilayah untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan serta ketangguhan dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Yang pada akhirnya dapat meyebarluaskan kemampuan dan pengetahuan kepada masyarakat di wilayah lainnya.

Sementara itu, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Lampung melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung yang telah mengalokasikan kegiatan pembentukan “Kampung Siaga Bencana” di Kabupaten Lampung Utara.

“Saya berharap, dengan dicanangkannya “Kampung Siaga Bencana” ini, masyarakat dapat semakin memiliki kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menanggulangi dan mengantisipasi bencana yang datangnya bisa kapan saja.” Ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati mengungkapkan rencananya untuk menjadikan Way Gendot sebagai Daerah Destinasi wisata. Dengan itu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengajak kepada masyarakat yang hadir untuk bersama-sama membangun dan mendukung kemajuan Kabupaten Lampung Utara.

“Mari bergandengan tangan, jaga persatuan dan kesatuan demi Kemajuan yang lebih baik lagi di Kabupaten yang kita cintai ini” Tutup Agung.

Usai memberikan sambutan, Bupati melakukan pemukulan gong sebagai tanda telah dicanangkannya Kampung Siaga Bencana.(desi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS