82319 KALI DIBACA

Detik-detik Menghilangnya Setya Novanto

Detik-detik Menghilangnya Setya Novanto
example banner

Jakarta | Media Realitas- Ketua DPR Setya Novanto kini diburu oleh KPK. Tersangka kasus korupsi e-KTP itu tiba-tiba menghilang begitu KPK menyambangi rumah mewahnya di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada Rabu (15/11/2017) pagi hari, sebenarnya Novanto masih menampakkan diri di muka publik. Dia memang tak memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai tersangka, namun Novanto ada di gedung DPR, Senayan.

Novanto duduk di kursi pimpinan DPR saat rapat paripurna pembukaan masa sidang. Itulah momen Novanto terlihat di muka publik. Setelah itu, entah ke mana lagi dia.

Hari beranjak malam. Di rumah Novanto di Jalan Wijaya, ada sejumlah elite Partai Golkar yang berkunjung. Mereka antara lain Wakil Ketua MPR dari Fraksi Golkar Mahyudin, Bendahara Umum Partai Golkar Robert J Kardinal, dan politikus senior Golkar Kahar Muzakir. Mahyudin bersaksi tak ada Novanto di rumah itu. Yang berada di rumah itu adalah istri Novanto dan pengacara Novanto Fredrich Yunadi.

Sekitar pukul 21.00 WIB, datanglah tim KPK ke rumah Novanto. Berbekal surat perintah penangkapan, tim KPK berusaha masuk. Terlebih dahulu mereka berdialog dengan pihak keamanan rumah Novanto.

Sempat terhalang oleh pihak keamanan itu, tim KPK kemudian menunggu 5-10 menit. Akhirnya mereka bisa masuk ke balik gerbang rumah itu. Sampai di depan pintu, tampak dari kejauhan tim KPK berdialog kembali dengan orang di situ. Akhirnya mereka benar-benar masuk ke rumah Novanto pada pukul 21.38 WIB.

Para personel kepolisian membentuk barikade, berjaga-jaga di rumah ini. Tim KPK terus mengulik rumah Novanto sampai lewat tengah malam. Namun ternyata Novanto tak ada di rumah itu.

“Sampai saat ini kami belum menemukan yang bersangkutan, termasuk ketika kita mendatangi kediaman yang bersangkutan hari ini,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2017) dini hari.

KPK meminta Novanto menyerahkan diri. “Secara persuasif, kami imbau SN menyerahkan diri,” kata Febri.

Lalu di mana Novanto kini berada?

Misteri Keberadaan Setya Novanto

Penyidik KPK malam-malam menyambangi kediaman Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Golkar, yang juga tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto. Namun kolega Novanto di partai, yakni Mahyudin, menyebut Novanto tak ada di rumah. Lalu di mana Novanto?

Rabu (15/11/2017) pagi, Novanto ngantor ke DPR. Dia menghadiri dan membacakan pidato pembukaan masa persidangan kedua DPR tahun sidang 2017/2018.

Setelah memimpin rapat, Novanto memberi sedikit komentar soal perkaranya di KPK. Kata Novanto, dia tak akan memenuhi panggilan KPK sebelum MK memutuskan uji materi Pasal 46 UU KPK tentang pemeriksaan tersangka.

“Ya kita ujilah. Sama-sama kita uji supaya nggak ada perbedaan-perbedaan,” ucap Novanto.

Hari ini Novanto sedianya dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai tersangka kasus e-KTP. Novanto memilih tak hadir dengan alasan ada rapat pimpinan DPR.

Benar saja, seusai rapat paripurna, Novanto menuju gedung Nusantara III, tempatnya biasa sehari-hari ngantor. Siang harinya, pengacara Fredrich Yunadi dan Sekjen Golkar Idrus Marham menyambangi Novanto.

Tidak diketahui persis apa yang dibicarakan ketiganya saat bertemu. Fredrich dan Idrus sempat diwawancarai wartawan terkait kasus hukum Novanto pada sore hari, sekitar pukul 16.01 WIB, sebelum beranjak dari gedung DPR.

Hingga pukul 17.30 WIB, Novanto tak tampak turun dari ruangannya. Namun kabar menyebut Novanto telah pergi dari DPR saat Idrus dan Fredrich keluar dari ruangannya.

Sampai kedatangan KPK ke kediamannya malam ini, hingga pukul 00.12 WIB, Kamis (16/11/2017), Novanto tak diketahui keberadaannya.(dtc/red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS