152319 KALI DIBACA

Sampai Oktober Tahun 2017 sedikitnya 117 Orang Notaris di Panggil untuk Menjadi Saksi oleh Pihak Jaksa dan Hakim.

Sampai Oktober Tahun 2017  sedikitnya 117 Orang Notaris di Panggil untuk Menjadi Saksi oleh Pihak Jaksa dan Hakim.
example banner

Medan | Media Realitas – Behati hati lah didalam menjalan kan tugas Sebagai Notaris.Banyak hal dan beberapa masalah yang muncul, umumnya Notaris Sumatra Utara dengan terkait ketentuan pada pasal 66 undang undang jabatan Notaris.
Dari jumlah yang di panggil oleh jaksa dan polisi juga tidak tertutup kemungkinan disamping akan jadi saksi juga tidak tertutup kemungkinan akan jadi tersangka.

Demikian disampaikan oleh Dr Suprayitno SH Mkn, Wakil Ketua Majlis Kehormatan Notaris Sumut, Pada acara seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus INI Wikayah Sumatra Utara dan pengurus Daerah Binje – Langkat di Hotel Grend Kanaya Medan Sabtu (21/10/2017) yang di ikuti sedikitinya 500 Notaris dan calon notaris.

Tahun 2017 Januari dan Oktober 2017 sedikit nya 117 orang yang dipanggil polisi dan jaksa, untuk diminta keterangan nya baik sebagai tersangka maupun sebagai saksi.
Dari jumlah itu sekitar 70 orang tidak diberikan rekomendasi nya.

Tugas kami wajib melindungi para notaris agar jangan sampai ada pihak pihak yang yang memanggil baik di panggil sebagai saksi maupun tersangka.
Nataris wajib menghadiri kalau di panggil oleh pihak yang berwajib.

Dokumen yang diminta oleh pihak penegak hukum wajib di berikan ujar Suprayitno.Catat acara yang dilakukan oleh notaris s siapkan semua dokumen yang benar kalau dokumen sudah lengkap dan benar tidak perlu takut untuk menghadapi siapapun ujarnya. Lebih lanjut Suprayitno mengatakan landasan Hukum lembaga MKN, pasal 66 dan pasal 66 A UU No 2 permen hukum dan HAM RI No 7 tahun 2014. Putusan MK no23/PUU – XII / 2014 tanggal 23 -April 2015.

Semua penyidik yang ada di Sumatra utara sudah mengetahui dan mentaati sesuai dengan undang undang.Tugas dan fungsi Majelis kehormatan notaris pusat, melakukan pembinaan terhadap majlis kehormatan wikayah yang berkaitan dengan tugas nya. Juga sebagai fungsinya melakukan pengawasan terhadap mejelis kehormatan Notaris wikayah.

Kemudian Dasar pertimbangan  MKN menolak memberikan persetujuan atas permintaan penyidik penuntut Umum dan Hakim.Akta / dokumen yang dimaksudkan dalam permintaan penyidik /penuntut Umum atau Hakim setelah dilakukan pemeriksaan oleh Majelis apakah izin untuk diperiksa kita beritakan atau tidak,ujar Suprayitno.

Ada 3 pemateri senior di jajaran Notaris di antara nya, Dr Habib Adjie SH, M Hum, dan Yusrizal, SH, Mkn Ketua Pengwil Sumut.(Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS