67819 KALI DIBACA

LP Langsa Over Kapasitas

LP Langsa Over Kapasitas

Langsa I Media Realitas– Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Langsa, dilaporkan sudah lama mengalami over kapasitas. Artinya, jumlah tahanan yang berada di LP tersebut sudah melebihi kapasitas yang ada. Sehingga, kondisi tersebut telah mempengaruhi basis pembinaan yang dilakukan petugas terhadap para tahanan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Langsa Sayed Mahdar kepada Wartawan, Kamis pagi (20/7), mengatakan saat ini jumlah tahanan baik Narapidana maupun tahanan titipan lainnya di LP Langsa sudah mencapai 560 orang. Jumlah tersebut sudah sangat sesak dan over kapasitas. Idealnya, jumlah tahanan di LP Langsa hanya 155 orang, namun kini jumlah tersebut meningkat beberapa kali lipat.

Menurut Sayed Mahdar, dengan over kapasitas nya LP Langsa maka sangat membuat petugas kewalahan dalam melakukan pembinaan. Karena itu, diperlukan suatu terobosan Lahar keberadaan LP Langsa dapat di tingkatkan kapasitas atau daya tampungnya. ” bayangkan saja jumlah pegawai yang kami miliki hanya 4 orang untuk menjaga 560 tahanan,” kata Sayed Mahdar.

Dikatakannya, untuk mengatasi over kapasitas di LP Langsa yang telah lama terjadi ini, maka diperlukan peningkatan sarana dan prasarana termasuk jumlah pegawai. Apalagi keberadaan LP Langsa saat ini sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman dan  pengembangan sarana serta prasarana menjadi sebuah kebutuhan mendesak. ” untuk meminimalisir bengkaknya jumlah tahanan yang terus meningkat, terkadang kami harus lebih selektif dalam menerima tahanan titipan,” katanya.

Karena itu Sayed Mahdar meminta pihak terkait agar bisa sama-sama berpikiri sinergis untuk memgembangkan sarana dan prasarana LP Langsa, sehingga persoalan over kapasitas terhadap LP Langsa bisa segera teratasi.(ZAL)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS