26919 KALI DIBACA

Chelsea vs Tottenham Hotspur : MEMBARA di Wembley

Chelsea vs Tottenham Hotspur : MEMBARA di Wembley

Tottenham Hotspur dan Chelsea akan head to head di Wembley pada Sabtu (22/4) akhir pekan ini di semifinal Piala FA. Kedua tim saat ini juga tengah bersaing ketat dalam perburuan gelar Premier League.

Chelsea menyongsong pertandingan ini dengan sorotan terkait penurunan performa mereka akhir-akhir ini. Ya, dengan dua kekalahan yang mereka dapatkan saat melawan Crystal Palace dan yang terbaru melawan Manchester United, membuat banyak pihak yakin The Blues tengah goyah. Dari jarak 11 poin di klasemen, kini dua kekalahan itu memangkas jarak The Blues dengan Tottenham hanya menjadi empat poin saja.

Karena itu, pertandingan melawan Spurs di semifinal Piala FA ini dinilai sebagai pertandingan yang bisa menjadi titik balik The Blues. Bila menang, itu jelas akan mendongkrak kepercayaan diri mereka sekaligus menjawab keraguan yang tengah menjangkiti tim asuhan Antonio Conte dalam perburuan gelar. Namun bila kalah, itu akan semakin membuat mental Eden Hazard dkk dikhawatirkan semakin terpuruk.

Namun tekad The Blues untuk meraih hasil positif di Wembley tak akan berjalan mudah. Pelatih Antonio Conte masih dibuat was-was menanti kondisi kiper utama mereka, Thibaut Courtois. Kiper asal Belgia tersebut mendadak absen saat lawan Manchester United karena cedera engkel. Begitu juga dengan Marcos Alonso yang juga absen pada pertandingan yang sama, bahkan situasi pelik bisa semakin bertambah setelah kabar cederanya Gary Cahill usai lawan The Red Devils akhir pekan lalu.

Andai Courtois masih belum pulih, meskipun kabar terbaru menyebutkan bahwa dia sudah ikut berlatih kembali bersama tim, nama Asmir Begovic akan menjadi andalan. Sementara Alonso diharapkan sudah fit setelah diserang virus akhir pekan lalu. Perubahan mungkin hanya akan terjadi di lini tengah di mana posisi Nemanja Matic  besar kemungkinan akan digantikan Cesc Fabregas.

Dari kubu Tottenham, pelatih Mauricio Pochettino jelas tak akan menyia-nyiakan peluang untuk menambah luka The Blues sekaligus memperbesar kans mereka mengakhiri musim ini dengan raihan trofi. Bila menang, Spurs setidaknya memiliki dua keuntungan itu untuk mendongkrak kepercayaan diri mereka yang tengah melambung.

Bila The Blues tengah goyah dan limbung, sebaliknya Harry Kane dkk justru tengah onfire dengan meraih delapan kemenangan beruntun di semua kompetisi. Bahkan di dua pertandingan terakhir, Spurs mampu meraih kemenangan dengan skor masing-masing empat gol tanpa balas.

Kepercayaan diri Spurs untuk bisa mengalahkan The Blues juga didukung dengan fakta tak ada pemain inti mereka yang mengalami cedera. Selain Harry Wink, Erik Lamela, Danny Rose dan Michel Vorm, semua pemain mereka siap untuk dimainkan.

Melawan Chelsea, Pochettino sendiri bisa jadi akan kembali memainkan skema tiga bek yang sebelumnya sukses mengalahkan The Blues di Premier League pada Januari lalu. Bila itu diterapkan, Victor Wanyama akan kembali ke lini tengah, sementara Heung-min Son akan dicadangkan.

DATA DAN FAKTA

– Total kedua tim sudah bertemu sebanyak 139 kali, dan Chelsea lebih unggul dengan 59 kemenangan, 39 kali bermain imbang dan 45 lainnya dimenangkan pasukan Tottenham.

– Pertemuan kedua tim dimusim ini masing-masing sukses raih satu kemenangan, terlebih saat bermain di kandang sendiri.

– Pada pertemuan pertama musim ini, chelsea hanya mampu menang tipis 2-1 saat menjamu The Lily Whites di Stamford Bridge. Bahkan dilaga ini tim tuan rumah tertinggal lebih dulu melalui Christian Eriksen yang sukses mencetak gol saat laga baru berjalan 11 menit, namun gol Pedro dan Victor Moses sukses membalikan kedudukan dan memastikan poin penuh untuk pasukan Biru.

Chelsea: Courtois, Cahill, David Luiz, Azpilicueta, Marcos Alonso, Moses (Ivanovic 81′), Matic, Eden Hazard (Willian 77′), Pedro (Oscar 83′), Kante, Diego Costa.

Tottenham: Lloris, Vertonghen, Walker, Wimmer, Dembele (Janssen 83′), Wanyama, Eriksen, Alli (N’Koudou 73′), Dier, Heung-Min Son (Winks 65′), Kane.

– Tottenham belum pernah menbertang saat bertandang ke markas Chelsea, terakhir tim mampu menang pada 10 Februari 1990 silam.

– Nama Pedro kemungkinan akan menjadi pemain andalan tim tuan rumah diajang FA Cup, total eks Barcelona ini sudah mencetak empat gol dan dua asisst dimusim ini.

– Sementara penyerang asal Korea Selatan, Heung-Min Son total sudah mencetak enam gol diajang FA Cup.

– Namun disamping itu, nama suksesor tim dari lini tengah, Christian Eriksen akan menjadi andalan tim tamu dilaga nanti, total dirinya sudah menyumbang total delapan gol (tujuh di Liga Inggris) dan 16 asisst (12 di ajang Liga Inggris) musim ini.

– Sebelumnya Chelsea sukses menyingkirkan raksasa Liga Inggris lainnya, Manchester United 1-0 dibabak perempat final.

– Sementara Tottenham sendiri menyingkirkan tim kasta ketiga Inggris, Milwall dengan skor yang cukup telak 6-0.

– Total Chelsea sudah mencetak 11 gol dan hanya kemasukan satu kali dari empat kali bertanding diajang FA Cup musim ini.

– Sementara Spurs sendiri total sudah mencetak 15 gol dan tiga kali kemasukan dari empat laga yang dijalani musim ini.

– Chelsea tengah mengalami penurunan performa, total tim hanya mampu raih tiga kemenangan dan dua kalah di lima laga terakhir Liga Inggris, salah satunya saat takluk 0-2 saat bertandang ke Old Trafford markas Manchester United.

– Sementara Tottenham sendiri hanya menelan satu imbang dan sisanya menang di 10 laga terakhir disemua ajang. Total tim sukses mencetak 33 gol dan hanya kemasukan enam kali disemua ajang, bahkan di dua laga terakhir tim sukses menang 4-0 atas Watford dan Bournemouth.

STATISTIK KEDUA TIM
Head to Head;

05/01/17 Tottenham Hotspur 2-0 Chelsea
27/11/16 Chelsea 2-1 Tottenham Hotspur
03/05/16 Chelsea 2-2 Tottenham Hotspur
29/11/15 Tottenham Hotspur 0-0 Chelsea
01/03/15 Chelsea 2-0 Tottenham Hotspur

5 Pertandingan Terakhir Chelsea:

16/04/17 Manchester United 2-0 Chelsea
08/04/17 AFC Bournemouth 1-3 Chelsea
06/04/17 Chelsea 2-1 Manchester City
01/04/17 Chelsea 1-2 Crystal Palace
18/03/17 Stoke City 1-2 Chelsea

5 Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur:

15/04/17 Tottenham Hotspur 4-0 AFC Bournemouth
08/04/17 Tottenham Hotspur 4-0 Watford
06/04/17 Swansea City 1-3 Tottenham Hotspur
01/04/17 Burnley 0-2 Tottenham Hotspur
19/03/17 Tottenham Hotspur 2-1 Southampton

PREDIKSI
Sulit untuk memprediksi akan bagaimana jalannya pertandingan saat dua tim terbaik di Inggris saat ini, Chelsea dan Tottenham saling jegal di Wembley. Namun mengingat bagaimana performa kedua tim akhir-akhir ini, Spurs memang memiliki modal lebih baik dibandingkan The Blues

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN
Chelsea: Asmir Begovic, Marcos Alonso, Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, David Luiz, Cesc Fabregas, Eden Hazard, N’Golo Kante, Victor Moses, Pedro Rodriguez, Diego Costa.
Tottenham: Hugo Lloris, Toby Alderweireld, Ben Davies, Jan Vertonghen, Kyle Walker, Dele Alli, Mousa Dembele, Eric Dier, Victor Wanyama, Christian Eriksen, Harry Kane.

Subscribe

MEDIA REALITAS