87819 KALI DIBACA

Mencetak Generasi Muda yang Inspiratif, Kreatif dan Inovatif Melalui Karya Tulis Ilmiah

Mencetak Generasi Muda yang Inspiratif, Kreatif dan Inovatif Melalui Karya Tulis Ilmiah
Kepala Badan Penelititan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan Drs Hasan Basri MM, saat membuka Perlombaan Karya Tulis Ilmiah tahun 2016 di Balai Kota Medan, Jumat (5/8).
example banner

mediarealitas | Medan

Minat karya tulis ilmiah sangat rendah dan merupakan hal yang sulit bagi beberapa kalangan. Melalui Lomba ini, diharapkan dapat membangkitkan kebiasaan menulis dan berfikir secara ilmiah dan penyaluran aspirasi, sehingga dapat mencetak generasi muda yang inspiratif, kreatif dan inovatif.

Hal ini diungkapkan Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Badan Penelititan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan Drs Hasan Basri MM, saat membuka Perlombaan Karya Tulis Ilmiah tahun 2016 di Balai Kota Medan, Jumat (5/8).

Perlombaan ini merupakan bahagian dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hateknas) yang dilaksanakan setiap tahunnya. Bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan inovasi dan kreatifitas putra/putri Bangsa Indonesia, khususnya Kota Medan dalam membuat karya tulis  ilmiah untuk kemajuan pembangunan Kota Medan. Rencananya penyerahan hadiah bagi para juara akan diberikan pada Upacara Hateknas di halaman Kantor Walikota Medan mendatang.

                Eldin dalam sambutannya yang dibacakan Hasan Basri mengungkapkan, globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi dan membawa implikasi terhadap perubahan dan pembaharuan kehidupan masyarakat. Bahkan ada ahli yang menyatakan, bahwa informasi adalah satu kekuatan terpenting di masa depan.

                “Pesatnya perkembangan teknologi informasi menjadikan konsep smart yang diterapkan pada berbagai sitem atau tahanan. Salah satunya adalah konsep Smart City yang mengetengahkan sebuah tatanan kota cerdas yang bisa berperan dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat” ungkapnya.

                Menurut Eldin, sebuah kota dengan dukungan teknologi pintar dalam menunjang aktivitas sehari-hari akan semakin memudahkan manusia. Tapi tentu saja harus pula didukung oleh pola fikir masyarakat yang cerdas dengan mulai menggunakan transportasi massal yang ramah lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, merusak ruang publik dan hal-hal lainnya yang sifatnya negatif.

                “Teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan dalam menunjang sistem operasional dan manajerial pada instansi pemerintahan. Penerapan teknologi informasi ini berfungsi untuk meningkatkna pelayanan kepada masyarakat sehingga efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pelayanan publik dapat terwujud” ujarnya.

                Dra Siti Mahrani hasibuan mewakili Kepala Balitbanag Kota Medan dalam laporannya mengatakan, peserta lomba untuk kategori pelajar awalnya ada sebanyak 20 orang, mahasiswa 15 orang, dan umum 13 orang. Kemudian setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri berdasarkan beberapa indikator diantaranya, kesesuaian tema, originalitas karya, kedalaman pembahasan, tingkat notasi, tata tulis, penggunaan bahasa yang baik dan benar, tersisa 5 orang pada masing-masing kategori, sehingga saat ini yang akan mempresentaiskan karya ilmiahnya berjumlah sebanyak 15 orang.

“Untuk kategori umum dan mahasiswa, perlombaan ini mengusung tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi Guna Menunjang Pelayanan Maksimal di Instansi Pemerintahan”, sedangkan untuk kategori pelajar dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi Guna Peningkatan Kualitas Diri”, ujar Siti Mahrani.

                Setelah para peserta menyampaikan presentasi hasil karya tulis ilmiahnya masing masing, dewan juri akhirnya memutuskan pemenang lomba. Untuk kategori pelajar, juara pertama diraih Andre Subagja Manurung, juara kedua Nurzafira Eriza, juara ketiga Rasyid Ridha, juara harapan I Frenky Wijaya Sitorus dan Hanin Nafisah sebagai juara harapan II. Kategori mahasiswa, juara pertama diraih Alex Harapan Simanjuntak, juara kedua Dina Mariana, juara ketiga Dicky Mahaputra Tarigan, juara harapan I Qushay Al Idrus dan Fransisca Natalia Sihombing sebagai juara harapan II. Selanjutnya untuk kategori umum, juara pertama diperoleh Robert Andio Haloho, juara kedua Koko Tampubolon S P, juara ketiga Hantono SE SPd MSi, juara harapan I Dede Prabowo Wiguna SPd MSi, dan Alfitriani Siregar SPd Med sebagai juara harapan II.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS