45319 KALI DIBACA

Eldin Ajak Warga Peduli Jaga Kelestarian Lingkungan

Eldin Ajak  Warga  Peduli  Jaga Kelestarian Lingkungan
Eldin Ajak Warga Peduli dan Jaga Kelestarian Lingkungan
example banner

mediarealitas | Medan

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak warga Kota Medan dan seluruh stakeholder yang ada untuk selalu peduli dan menjaga kelestarian lingkungan.   Kepedulian itu bisa diwujudkan dalam bentuk menanam  pohon apapun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Di samping itu terus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

                Ajakan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri  peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Medan 2016 di  halaman gedung baru Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Medan Jalan A.H Nasution Medan, Kamis (11/8).

                Diakui Wali Kota, kondisi lingkungan di Kota Medan saat ini sudah cukup baik namun belum sempurna. Untuk itu perlu terus dilakukan  pembenahan, sehingga kondisi lingkungan di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini bisa lebih baik lagi ke depannya.Untuk mewujudkannya, Eldin menegaskan perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat dan stake holder yang ada.

`               “Menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan, dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat dan  stakeholder pembangunan. Buanglah jauh-jauh anggapan bahwa pengelolaan lingkungan hidup adalah sebuah beban.  Justru mari tumbuhkan menjadi suatu inisiatif kepedulian akan perlunya menjaga kelestarian lingkungan,” kata Eldin.

                Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan, jelas Eldin, bisa dimulai dari  rumah sendiri dengan memelihara flora dan fauna yang  dimiliki. Karena itulah Eldin menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang telah merawat dan memelihara halaman rumahnya dengan sebaik-baiknya.  Tindakan itu merupakan bagian dari masyarakat dunia dalam mendukung komitmen mengatasi perubahan iklim.

                Di tingkat Kota Medan, Wali kota mengungkapkan beberapa isu lingkungan strategis masih menjadi agenda penanganan priiotas oleh SKPD terkait, diantaranya penurunan kualitas air permukaan yang disebabkan adanya trend positif terhadap pertumbuhan jumlah penduduk dan kegiatan industri. Lalu sistem pengelolaan persampahan yang masih kurang tertata dengan baik, rawan terhadap genangan air hingga  permasalahan kumuh dan persoalan sanitasi di dalamnya.

                Sebagai langkah penanganan,  program dan kegiatan prioritas bilang Eldin, Pemko Medan  masih fokus untuk membenahi masalah pemukiman dan kebinamargaan.  Jika kedua sektor tersebut  tidak segera ditangani, Eldin khawatir akan memicu turunnya kualitas lingkungan. Di samping itu melibatkan sektor private dalam melakukan penataan pedestarian humanis dan taman kota di beberapa koridor jalan di Kota Medan.

                “Mudah-mudahan kita dapat terus memelihara keseimbangan  ekosistem, bukan hanya untuk generasi kita tetapi juga untuk anak cucu kita kelat. Untuk itulah melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, mari kita peduli dan terus menjaga kelestarian lingkungan,” harapnya.

                Di kesempatan itu Eldin juga meresmikan gedung baru BLH Kota Medan. Dengan kantor baru ini, ayah tiga anak itu berharap dapat menjadi bagian dari penyegaran apratur sipil di BLH. Dengan demikian mereka lebih bersemangat dalam menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan kulitas lingkungan hidup di Kota Medan.

                Sementara itu Kepala BLH Kota Medan, Arief S Trinugroho dalam lapaorannya memaparkan, pihaknya telah mengglear serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari LIngkungan Hidup Sedunia tersebut. Selain  lomba bank sampah terbaik tingkat kelurahan, juga lomba melukis,  lomba kreasi daur ulang, lomba pidato, serta lomba lagu.

                “Selain itu kita juga melaksanakan pemberdayaan masyarakat/komunitas/lembaga dalam pengelolaan lingkungan melalui kegiatan implementasi  pedoman pelaksanan 3R (reuse, reduse dan recycle).  Kemudian pembinaan sekolah adiwiyata, serta pemeran  pengelolaan lingkungan hidup,” papar Arief.

                Usai menyampaikan arahan, Wali kota selanjutnya menyerahkan hadiah kepada seluruh pemenang lomba. Kemudian menyerahkan secara simbolis Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) kepada perwakilan camat, lurah dan kepala puskesmas. Selanjutnya, Eldin meninjau pameran dan gedung baru BLH Kota Medan.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS