58519 KALI DIBACA

5.000 Pelari Akan ikuti Medan 5 K dan 10 K

5.000 Pelari Akan ikuti Medan 5 K dan 10 K
Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution Msi Pimpin Rapat Koordinasi Acara Gebyar Kemerdekaan RI ke 71 (4)
example banner

mediarealitas | Medan

Sekitar 5.000 peserta akan mengikuti  lomba marathon Medan 5 K dan 10 K dalam rangka memeriah Gebyar Kemerdekaan untuk menyambut  Hari  Kemerdekaan  ke-71 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-426 Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (14/8). Direncanakan, even lari jarak jauh berlevel nasional yang pertama kali digelar di Kota Medan ini akan dilepas langsung  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumulo.

                Demikian terungkap dalam rapat persiapan terakhir Gebyar Kemerdekaan yang dipimpin Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar nasution MSi di Balai Kota Medan, Jumat (12/8). Selain asisten, rapat ini juga turut dihadiri seluruh SKPD terkait dan camat se-Kota Medan. Akhyar minta seluruh jajaran Pemko Medan mendukung  penuh even tersebut

                Di samping menyediakan hadiah total Rp.140 juta,  even yang digagas Wali kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ini akan menyediakan 4 unit sepeda motor. Perinciannya, 2 unit sepeda motor untuk pemenang lomba 5 K, sedangkan 2 unit lagi  untuk pemenang 10 K. Eldin berharap  Medan 10 K ini mampu memecahkan rekor.

                Sejauh ini sudah banyak peserta dari luar Kota Medan yang telah mendaftarkan diri untuk menguikuti lomba marathon Medan 10 K. Ada dari Sumatera Barat (9 pelari), DKI Jakarta (8), Bangka Belitung (1), Sumatera Selatan (1), Banten  (1), Serang (3), Aceh (4), Jawa Barat (4), Tapanuli Selatan (14), Tapanuli Tengah ()17), Binjai (15), P. Siantar ( (8), Labura/Labusel & Labusel (7), serta Deli Serdang (32).

                Kemudian Langjkat (7), Serdang Bedagai ( (4), Karo (12), Humbahasa (1), Tanjung Balai (3), Sibolga (5), Asahan (4), Batubara (2), Sidikalang (1), Padang Sidempuan (3), sedangkan Kota Medan (784).  Selain jumlah ini berdasarkan informasi diperoleh dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan, sampai saat ini sudah tercatat 1.750 orang peserta yang mendaftarkan diri mengikuti Medan 10 K.

                Sementara itu untuk lomba marathon Medan 5 K yang dikhususkan para pelajar, Kadis Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar menyatakan sekitar 3.000 pelajar dari seluruh Kota Medan telah menyatakan siap untuk mengikutinya. Itu sebabnya peserta yang mengikuti lomba marathon Medan 5 K dan 10 K ini  diperkirakan lebih dari 5.000 peserta, mengingat pendaftaran baru ditutup, Sabtu (13/8).

                Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution memprediksi Lapangan Merdeka Medan akan dipadati warga. Sebab, selain perlombaan marathon Medan 5 K dan 10 K, Pemko Medan juga menggelar rangkaian kegiatan lainnya seperti fun bike bersama Mendagri, Tjahjo Kumulo, Car Free Day, senam bersama, donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis, baik itu jantung, gigi dan telinga.

                Selain itu tambah Akhyar lagi, Pemko Medan akan menyediakan sarapan pagi secara gratis untuk 17.000 warga yang hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan serta memberikan hadiah menarik melalui lucky draw bagi yang beruntung. Sudah itu warga akan dihibur oleh Nidji Band, salah satu bangdpapan atas Indonesia. Tak ketinggalan aksi komunitas seperti BMX, sepeda ontel, juggling bola serta skateboard.

                “Belum lagi penandatanganan spanduk Bebas Narkoba yang dipelopori Mendagri, serta perlombaan mewarnai  yang akan diikuti anak-anak PAUD. Untuk itu  sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota, saya minta kepada seluruh SKPD terkait dapat melaksanakan tugas sesuai yang telah diberikan dengan penuh tanggung jawab. Even ini harus berjalan dengan sukses dan lancar seperti keinginan Bapak Wali Kota,” kata Akhyar.

                Menyikapi  belasan ribu warga akan ‘tumpah’ di Lapangan Merdeka, Akhyar mengingatkan kepada panitia  untuk selalu mengumumkan kepada seluruh warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Dia tak ingin Lapangan Merdeka dipenuhi sampah usai acara berakhir. Untuk  mencegah hal itu tak terjadi, Akhyar memerintahkan kepada camat agar mengingatkan seluruh warganya yang menghadiri Gebyar Kemerdekaan agar membuang sampah di tempat-tempat yang telah disediakan.

                “Mari kita jadikan Gebyar Kemerdekaan ini sebagai momen untuk mendidik masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang,  sekaligus menjadikan kebersihan sebagai budaya dalam kehidpan sehari-hari,” ungkapnya.

                Medan 5 K dan 10 K akan dimulai pukul 06.00 WIB, start  dan finish dilakukan dari depan Merdeka Walk.  Selain Mendagri, pelepasan lomba marathon ini rencananya juga akan dihadiri Wali Kota Ipoh, Malaysia serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan. Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ingin even ini menjadi agenda rutin yang akan digealr Pmeko Medan setiap tahunnya.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS