60019 KALI DIBACA

Ini 7 Ingridients Penanda Makanan Halal atau Haram

Ini 7 Ingridients Penanda Makanan Halal atau Haram
example banner

CARA paling mudah menentukan satu makanan halal atau tidak yakni dilihat dari labelnya. Tapi jika tidak menemukan label halal, langkah yang sebaiknya dilakukan adalah mengecek komposisi bahan pembuatnya.

Kenali bahan komposisi makanan agar Anda tidak terjebak makanan dan agar Anda yakin makanan yang dikonsumsi memang terjamin halal. Dilansir dari Jpninfo, Rabu (20/7/2016) berikut komposisi bahan yang harus Anda pahami.

Emulsifier

Ini adalah bahan yang paling umum ditemukan dalam makanan dan minuman. Kebanyakan emulsifier berasal dari bahan nabati seperti kedelai dan tumbuh-tumbuhan lainnya tapi tak ada salahnya melakukan kroscek, karena ada beberapa emulsifier yang berasal dari hewani yang tidak halal.

Shortening

Bahan yang satu ini banyak ditemukan dalam roti atau biskuit dan beberapa jenis makanan ringan. Shortening bisa berasal dari bahan nabati dan juga hewani. Jadi pastikan makanan yang Anda beli diolah menggunakan shortening yang berasal dari bahan nabati.

Gelatin

Bahan yang satu ini cukup rentan. Biasanya gelatine digunakan pada produk jelly, permen karet, roti dan beberapa jenis makanan ringan lainnya. Kadang es krim dan beberapa jenis dessert juga diolah menggunakan gelatin. Gelatin banyak berasal dari babi, oleh sebab itu pastikan gelatin yang terkandung pada makanan adalah gelatin sapi atau gelatin ikan atau yang berasal dari rumput laut adalah pilihan yang paling aman.

Butter

Meskipun mentega berasal dari bahan baku susu sapi yang aman dan diperbolehkan untuk dikonsumsi tapi tak ada salahnya tetap teliti. Bukan tidak mungkin butter terkontaminasi atau mengandung produk hewani dari jenis yang tidak halal.

Alkohol

Telitilah sebelum membeli produk seperti minuman, saus atau olesan. Karena bukan tidak mungkin, produk ini mengandung alkohol meskipun dalam jumlah sedikit dan tidak mendominasi rasa.

Sake, Mirin

Banyak hidangan Jepang yang dibuat dengan dua jenis cairan alkohol tradisional yakni sake dan mirin. Keduanya juga kerap digunakan dalam makanan olahan meskipun setelah dimasak kandungan alkohol biasanya akan menguap. Sebaiknya hindari makanan seperti ini dan pilihlah jenis yang lainnya yang lebih terjamin.

Produk olahan hewani

Banyak produk olahan hewani yang beredar di pasaran, beberapa diantaranya bisa dikatakan tidak halal. Misalnya dalam bentuk kaldu, bubuk penyedap rasa atau yang lainnya. Pastikan produk olahan ini terbuat dari bahan apa dan pastikan kehalalan daging yang digunakan.(syah/tbc/okz)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS