34119 KALI DIBACA

Aktivitas Gunung Sinabung Tinggi, Hampir Setiap Hari Ada Erupsi

Aktivitas Gunung Sinabung Tinggi, Hampir Setiap Hari Ada Erupsi
example banner

Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih sangat tinggi. Status Gunung Sinabung masih Awas dan ada erupsi hampir setiap hari.

“Sinabung masih tinggi aktivitas vulkaniknya, hampir setiap hari ada erupsi dan guguran,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan yang diterima, Minggu (31/7/2016).

Berdasarkan data seismik pagi hingga siang hari ini, telah terjadi 25 kali guguran lava, serta ada indikator lain yang menunjukkan aktivitas vulkanik tinggi. Status Awas berada di level IV.

“Hingga saat ini masih tampak asap putih tipis setinggi 150 m, serta teramati guguran lava pijar sejauh 1500 m ke arah Tenggara-Timur, dan 1000 m ke arah Selatan-Tenggara,” jelas Sutopo.

Sutopo mengimbau masyarakat dan pengunjung tetap mematuhi semua himbauan yang diberikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), terkait aktivitas Gunung Sinabung.

“Meski aktivitas vulkanik masih sering tapi tidak membahayakan selama masyarakat mentaati semua rekomendasi PVMBG,” tambah Sutopo. (dtc)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS