60319 KALI DIBACA

Wakil Wali Kota Medan Hadiri Acara Buka Puasa Bersama PMI Kota Medan

Wakil Wali Kota Medan Hadiri Acara Buka Puasa Bersama PMI Kota Medan
Wakil Wali Kota Mdan Ir Akhyar Nasution MSi saat menghadiri acara buka puasa bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan di Hotel Grand Angkasa, Medan, Sabtu (25/6).
example banner

mediarealitas |  Medan                

“Banyak hal yang telah dilakukan PMI terhadap sesama, diantaranya melaksanakan kegiatan transfusi darah, membantu jika ada bencana, serta melatih anak-anak muda dan remaja lainnya. Kami Pemerintah Kota Medan sangat mengapresiasi PMI

Apresiasi tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Mdan Ir Akhyar Nasution MSi saat menghadiri acara buka puasa bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan di Hotel Grand Angkasa, Medan, Sabtu (25/6). Buka puasa ini juga sekaligus dirangkaikan dengan “world blood donor day” hari donor darah sedunia yang berketepatan jatuh pada tanggal 14 juni kemarin.

Akhyar sangat berterima kasih kepada masyarakat Kota Medan, karena stok darah semakin hari semakin banyak, dan kesadaran warga untuk berdonor darah semakin tinggi.

                “Para pendonor darah sangat mulia karena telah menyerahkan sebagian hidupnya untuk kepentingan orang lain. Dengan darah itulah justru kita menjalin kemanusiaan kita, dan ternyata perbuatan mulianya tersebut membuat dirinya sehat.

Selain menghadiri acara tersebut, Akhyar bersama Ketua PMI Sumut H Rahmat Shah dan Ketua PMI Kota Medan Drs Musa Rajek Shah juga membagikan cinderamata kepada 9 orang yang telah 100 kali mendonorkan darahnya, 15 orang yang telah 75 kali mendonorkan darahnya dan kepada puluhan orang yang sebanyak 50 kali telah mendonorkan darahnya. Dan kepada 9 orang yang telah 100 kali mendonorkan darahnya, akan diberangkatkan ke Istana Negara untuk dianugerahi satyalencana oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Sebelumnya Drs Musa Rajek Shah selaku Ketua PMI Kota Medan menyampaikan, sebelumnya pengurus PMI Kota Medan telah mengadakan kunjungan kerja ke 2 PMI yang ada di Indonesia, yakni PMI Provinsi DKI Jakarta yang merupakan PMI ITB, PMI terbesar diseluruh Indonesia dan PMI Kota Solo yang merupaka PMI kota/kabupaten terbaik diseluruh Indonesia.

“PMI Jakarta itu luar biasa besarnya. Disana kantong darah yang mereka kelola setiap harinya lebih kurang 3000 kantong, sementara kita yang dimedan ini, lebih kurang seratusan kantong per harinya, dan juga PMI Jakarata kemarin dana yang mereka dapatkan APBDnya juga luar biasa, lebih dari 15 milyar setiap tahunnya, yang dianggarkan oleh Pemprov DKI. Sementara Kota Solo, tidak sama sekali menggunakan APBD dari Pemerintah Kota Solo. Sama sekali tidak ada, tapi malah mereka bisa luar biasa majunya. PMI Solo juga mempunyai rumah untuk Lansia, rumah untuk gangguan jiwa dan lainnya.

Musa Rajek Shah selanjutnya menambahkan, dari masyarakat Kota Solo sendiri kesadaran mereka untuk donor darah luar biasa tingginya. Dari jumlah penduduk yang ada di Kota Solo, lebih kurang 21 % dari jumlah penduduk mendonorkan darahnya, sedangkan di Jakarta lebih kurang 3 % dan di Kota Medan sendiri sama seperti Jakarta, lebih kurang 3 % dari jumlah penduduk yang mendonorkan darahnya.

 

 


example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS