45719 KALI DIBACA

Walikota Buka Pelatihan Keterampilan Kampung Sejahtera

Walikota Buka Pelatihan Keterampilan Kampung Sejahtera

Medan | mediarealitas                                                                                                                                                                                                                           

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S,M.Si membuka pelatihan Keterampilan pemanfaatan Aneka limbah menjadi produk Bernilai Ekonomis bagi masyarkat program Kampung Sejahtera, program Pengentasan Kemiskinan dan Program PTP2WKSS. Pembukaan pelatihan Keterampilan ini Walikota diwakili Kepala Dinas  Koperasi UMKM kota Medan H.Arjuna Sembiring,S.Sos,MSP didampingi Kabid Pemberdayaan UMKM Risnata Sugiaty,T,SE, Rabu (24/3) di Jl.Iskandar Muda Baru.                                                               

Walikota Medan dalam arahannya yang dibacakan Arjuna Sembiring mengatakan pada Tahun 2016 ini, Dinas Koperasi Kota Medan memberikan kesempatan kepada masyarkat dan pelaku UMKM  mengikuti kegiatan Pelatihan Keterampilan Pemanfaatan Aneka Limbah Menjadi Produk Bernilai Ekonomis.                                                                                                                                                                            

Menurut Arjuna, kegiatan keterampilan Pemanfaatan Aneka Limbah menjadi produk bernilai ekonomis ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang berkaitan dengan pengolahan pemanfaatan Aneka Limbah menjadi Produk yang bernilai ekonmis bagi peserta.

Selain itu, Arjuna mengharapkan kepada peserta yang mengikuti keterampilan ini dapat mewujudkannya untuk dapat meningkatkan penghasilan ekonomi keluarga, dan bagi pelaku UMKM dapat meningkatkan peran sertanya untuk mengembangkan UMKM ditengah-tengah masyarakat serta pelaku ekonomi lainnya.                       

Bagi peserta yang mengikuti ketarampilan ini diharapkan keseriusannya  untuk mengikutinya agar dapat memahami  serta mewujudkannya, sehingga dapat merubah penghasilan perekonomian keluarga yang lebih baik kedepan.

Pelatihan Keterampilan ini sangat berguna dan bermanfaat bila dimaknai sebagai untuk perubahan ekonomi keluarga, maka menyesallah bagi peserta yang tidak serius,  Karena pada kesempatan ini akan diberikan berbagai materi-materi tentang Pengolahan Pemanfaatan Aneka Limbah menjadi produk bernilai.”tegasnya.                                                                                                                         

Setelah berkembang nantinya diharapkan akan menjadi pelaku UMKM agar lebih produktif dan inovatif sehingga hasil produknya mempunyai daya saing dan nilai tambah sehingga masyarakat mencintai hasil produknya.

Oleh karenanya, sangat diharapkan kepada seluruh peserta benar-benar mengikuti pelatihan keterampilan ini  yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi dan peningkatan UMKM agar lebih proaktif  dalam menggali potensi-potensi Usaha dan melakukan diversifikasi produk yang dihasilkan sekaligus mengikuti permintaan pasar, sehingga produk yang dihasilkan dapat bersing apalagi adanya era ACFTA ( Asean Cina free Trade Area).” Ungkap Arjuna.

Sebelumnya, Risnata Sugiaty,T,SE selaku Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM pada Dinas Koperasi Kota Medan, dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan pelatihan keterampilan ini untuk memberikan ilmu pengatuhan serta pengembangan wawasan dibidang pengolahan Limbah menjadi nilai ekonmis sebagai tambahan pengsilan keluarga bagi peserta.                                                                                                                

kegiatan Pelatihan Ketarampilan ini diikuti 30 peserta, 15 orang diantaranya dari program Kampung Sejahtera ( kampung kubur) dan selebihnya dari beberapa Kecamatan yang termasuk dalam Program Pengentasa kemiskinan, UP2K ,dan program PTP2WKSS serta plaku UMKM.                                                  

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal24 Feb sampai dengan tanggal 2 Maret 2016, bertempat di Jalan Iskandar Muda Baru.”Risnata.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS