42019 KALI DIBACA

Tidak Diduga, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kanker

Tidak Diduga, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kanker
example banner
Kanker merupakan salah satu penyakit serius yang ditakuti banyak orang. Selain berbahaya, ternyata kanker juga dapat dipicu oleh hal-hal yang tidak Anda duga sebelumnya. Bahkan, makanan Anda bisa menjadi pemicu penyakit kanker.

Pola makan dan gaya hidup yang sehat dapat mencegah tubuh terserang penyakit kanker. Agar terhindar dari penyakit kanker, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang tanpa diduga ternyata dapat memicu kanker.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengungkapkan 5 makanan yang dapat memicu kanker. Bagi Anda yang penasaran, berikut penjelasannya :

1. Daging olahan

Sering mengkonsumsi daging olahan dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian BMC Medicine yang menyatakan bahwa kandungan garam dan bahan kimia dalam daging olahan cukup tinggi dan berdampak buruk bagi kesehatan. Selain kandungannya, daging olahan juga pada umumnya dimasak dengan temperatur tinggi, dan berpotensi memicu kanker.
Macam-macam daging olah diantaranya yaitu sosis,bacon, dan daging ham. Studi mengungkapkan, seseorang yang lebih banyak mengkomsumsi daging olahan, berpotensi lebih besar terkena kanker dibandingkan mereka yang mengkonsumsi daging olahan lebih sedikit. Namun, jika hanya mengkonsumsi sesekali tidak berbahaya. Karena sesekali, tubuh Anda juga butuh konsumsi daging.

2. Salmon yang berasal dari peternakan ikan
Ada dua jenis sumber ikan salmon, yang pertama yaitu ikan salmon yang ditangkap dari laut dan yang kedua yaitu ikan salmon yang diternak atau dibudidayakan. Salmon memang mengandung omega 3 yang sangat sehat. Namun, ternyata salmon yang berasal dari peternakan ikan dapat memicu penyakit kanker. Mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan, ikan salmon yang diternak diberi makanan yang tidak wajar. Ikan salmon tersebut terus-menerus terkontaminasi oleh karsinogen, seperti yang terdapat pada bahan kimia, antibiotik dan pestisida. Selain itu, ikan salmon ternak memiliki jumlah kutu laut 30 kali lipat lebih banyak dibandingkan salmon liar.

3. Popcorn yang dimasak dengan microwave
Aroma popcorn yang dimasak menggunakan microwave sangatlah nikmat. Rasanya tidak ada yang bisa menolak makanan ini. Namun, ternyata menghirup asap popcorn yang baru keluar dari microwave, akan berbahaya jika dilakukan terlalu sering. Hal ini karena microwave dilapisi oleh bahan kimia yang dapat membuat makanan tampak segar saat hendak dimakan. Dan bahan kimia tersebut, dapat mengakibatkan penyakit seperti infertilitas, kanker hati dan penyakit pada pankreas.
4. Soft drink atau minuman bersoda
Minuman bersoda, mengandung gula dan kalori dalam jumlah yang banyak. Minum soda setiap hari, dapat menyebabkan berat badan mudah naik, bahkan obesitas. Selain itu, sebuah hasil penelitian yang diungkapkan oleh American Journal of Nutrition in May, menemukan bahwa soda ternyata dapat menyebabkan seseorang terkena stroke.

Zat-zat berbahay yang terkandung dalam soda, jika diminum terlalu sering akan membuat tubuh menjadi asam dan membantu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Keripik kentang
Rasanya semua orang menyukai keripik kentang. Bukan begitu? Terlepas dari popularitass kentang, sebagai makanan favorit. Ternyata, keripik kentang adalah salah satu makanan yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Keripik kentang mengandung lemak dan kalori yang tinggi, cukup berpengaruh untuk meningkatkan kolesterol, menyebabkan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Dan yang paling berbahaya adalah zat karsinogenik yang dihasilkan saat memasak kentang hingga panas. Bahan kimia tersebut, dapat memicu beberapa jenis penyakit kanker bagi manusia.(Viva)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS