44119 KALI DIBACA

Randiman Resmikan Fasilitas Pengelolaan Air Sehat Anugrah

Randiman Resmikan Fasilitas Pengelolaan Air Sehat Anugrah
example banner

Medan | mediarealitas

                Ribuan warga yang bermukim di Kelurahan Titi Papan & Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli kini  bernafas lega.  Pasalnya, persoalan  sulitnya mendapatkan air bersih dan sehat yang selama ini dikeluhkan warga akhirnya teratasi menyusul diresmikannya fasilitas pengolahan air sehat anugrah di Jalan  Platina Lingkungan IX Gg. Sahabat, Kelurahan Titi Papan oleh Penjabat Wali Kota Medan, Drs H Randiman Tarigan MAP, Senin (15/2).

                Apalagi pengoperasian air sehat  hasil kerjasama  Waha Mitra Indonesia dengan Grundfos ini, sangat membantu warga sekitarnya. Sebab, air yang dihasilkan sangat layak konsumsi dan sesuai sesuai dengan standar World Health Organization (WHO) karena telah melalui proses klorinasi. Artinya, klorin yang diberikan berguna untuk membunuh kuman/bakteri yang  ada di dalam air. Dengan demikian begitu kran air dibuka, warga bisa langsung meminumnya.

                Randiman sangat mengapresiasi atas dioperasikannya fasilitas pengolahan air sehat anugrah ini. Air sehat  dan layak konsumsi merupakan kebutuhan hidup bagi masyarakat, terutama bagi warga yang bermukim di wilayah yang kesulitan mendapatkan air sehat seperti di Kelurahan Titi Papan dan Kota Bangun tersebut. “Kualitas air yang kurang sehat sangat berpengaruh dengan kesehatan warga,” kata Randiman.

                Diungkapkan Randiman, Kecamatan Medan Deli menjadi fokus perhatian Pemko Medan , khususnya terkait dengan program perbaikan dan peningkatan kualitas kawasan. Berdasarkan pengamatan yan g dilakukan, diakuinya masihterdapat 2 kelurahan yang relatif  memiliki kawasan kumuh lebih luas dibanding dengan daerah lainnya yaitu Kelurahan Mabar seluar 2,3 hektar dan Kelurahan Kota Bangun seluas 3,5 hektar.

                Atas dasar itulah Randiman mengucapkan terima kasih  kepada Waha Mitra Indonesia yang sudah merancang program sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penyediaan air sehat ini akan memberikan dampak peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. “Apabila masyarakat sehat akan lahir generasi-generasi yang cerdas, sehingga tidak tertutup kemungkinan dari wilayah ini nantinya akan muncul calon pemimpin yang cerdas dan tangguh,” harapnya.

                Secara kualitas pelayanan air minum di Kota Medan bilang Randiman, sudah cukup baik dan  hampir 90 %. Meski demikian masih ada pekerjaan  rumah untuk menuntaskannya menjadi 100%.  Dia yakin itu tidak sulit jika dikerjakan bersama-sama. Apalagi saat ini merupakan era partisipatif, artinya siapa saja berhak ikut serta dalam proses pembangunan seperti yang telah dilakukan Waha Mitra Indonesia dengan menyediakan fasilitas pengolahan air sehat anugrah.

                Pembangunan fasilitas pengelolaan air sehat anugran ini hasil gagasan  anggota DPRD Medan, Landen Marbun. Ketika melakukan reses beberapa waktu lalu, ditemukan masih banyak warga yang bermukim wilayah Medan Utara kesulitan menikmati  air bersih dan sehat, termasuk Kelurahan Titi Papan dan Kota Bangun.  Tentunya ini harus menjadi perhatian serius Pemko Medanuntuk menyikapinya.

                Khusus untuk Kelurahan Titi Papan ini, Landen mengaku sudah tiga kali menyurati PDAM Tirtanadi agar  menyambung pipa ke wilayah itu sehingga warga dapat menikmati air bersih. Namun surat itu tak ditanggapi, akhirnya begitu bertemu dengan pihak Waha Mitra Indonesia, Landen langsung menyampaikan persoalan yang dihadapi warga tersebut.

                “PT Waha Mitra Indonesia meresponnya dan selanjutnya membangun failitas pengolahan air sehat anugrah. Sebelum di Kelurahan Titi Papan, Waha Mitra Indonesia juga sudah membangun fasilitas pengelolaan air sehat di Kelurahan di Kelurahan Terjun.[i]      Sedangkan untuk yang ketiga, mereka rencana akan membangun di Kelurahan Tanjung Mulia. Untuk itu kita berharap camat dan lurah segera mendata wilayah mana saja yang membutuhkan fasilitas pengelolaan air sehat. Sebab, PT Waha Mandiri Mitra Indonesia telah menyatakan kesediaan untuk membantunya,”  jelas Landen.

                Sedangkan Jan Daniel selaku pimpinan Waha Mitra Indonesia mengungkapkan,  NGO yang dipimpinnya ini memang concern untuk pengadaan air bersih dan sehat. Mereka ingin mencerdaskan masyarakat melalui pemberian air sehat. Karena itu mereka siap membantu Pemko Medan  dalam menyediakan fasilitas pengelolaan air bersih dan sehat. “kita siap bantu Pemko Medan seperti yang telah dilakukan di Dairi dan Kupang,” jelas Daniel.

                Peresmian pengoperasian fasilitas pengelolaan air sehat anugrah ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj Wali kota. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan pita, serta meninjau ruangan fasilitas pengelolaan air sehat.  Randiman bersama Landen beserta Mr Set Womble beserta rombongan dari Amerika serikat selaku Water Mission International, langsung minum air sehat dari kran air yang tersedia di lokasi pengelolaan air sehat tersebut.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS