54119 KALI DIBACA

MTQ Ke 49 Tingkat Kecamatan Medan Timur Di Gelar  

MTQ Ke 49 Tingkat Kecamatan Medan Timur Di Gelar   
example banner

Medan | mediarealitas

            Pelaksanaan MTQ ke 49 Tingkat Kecamatan Medan Timur yang digelar di  Masjid Ubudiyah Jalan Bambu III Kelurahan Durian bellangsung meriah,Selasa (9/2). MTQ ini diawali dengan pawai Ta’aruf yang diikuti lebih kurang 1000 peserta  darii 11 Kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Timur, terdiri dari drum band Perguruan Al Fatar Jalan Cemara, Pramuka, Pelajar, Kepala Lingkungan, kelompok pengajian kecamatan, ormas  kecamatan,  dan ibu-ibu KK Kelurahan.

            Pawai ta’aruf diterima oleh Walikota Medan diwakili Asisten Kesmasy H Erewin Lubis SH, Ketua MUI Medan Prof DR M Hatta, Camat Medan Timur Drs Parulian Pasaribu, unsur Forum Koordinator Pimpinan Daerah Kecamatan Medan Timur, Paniti Pelaksana MTQke 49 Kecamatan Medan Timur H Adi Pranoto, ketua MUI Kecamatan Medan Timur Kepala KUA Medan Timur dan para tokoh masyarakat,  tokoh agama dan tokoh pemuda kecamatan Medan Timur.

            Asisten Kesmasy H Erwin Lubis SH mengatakan, tujuan MTQ secara umum adalah untuk meningkatkan rasa cinta terhadap kitab suci Alqur’an sekaligus untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi kandungannya untuk kemudian dapat diamalkan secara taat dan kaffah, selain itu juga untuk meningkatkan minat membaca kitab suci termasuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sebagai syiar Islam sekaligus mempersiapkan para qori dan qoriah untuk berlaga ditingkat Kota Medan.

            “ Saya mengapresiasi kegiatan yang baik ini, melalaui MTQ yang diadakan di Kecamatan Medan Timur diharapkan dapat menjaring para qori dan qoriah yang berprestasi untuk mengikuti MTQ ditingkat Kota Medan, serta tingkat Provinsi dan tingkat nasional nantinya,. “ ujar Erwin.

            Menurutnya, di era kemajuan global yang kian pesat, peranan agama semakin penting dalam rangka memperkokoh kendali diri untuk menghadirkan berbagai prilaku yang tidak sejalan dengan ajaran agama, untuk itulah Al Qur’an harus dijadikan sebagai moral dan kendali diri dalam melakukan segala aktifitas, baik pribadi , individu serta dalam bermasyarakat selaku  hamba Allah, diharapkan MTQ ini sebagai output dari kegiatan Magrib mengaji. “ Saya berpesan pada pelaksanaan MTQ Kota Medan nanti  para Qori dan Qoriah yang bertanding adalah cikal bakal dari Kevamatan se Kota medan, bukan dari luar kota, “ tegasnya.

            Camat Medan Timur Drs Parulian Pasaribu melaporkan, pelaksanaan MTQ Kecamatan Medan Timur tahun ini sebagai tuan rumah adalah Kelurahan Durian, dan setiap tahun pelaksanaan MTQ ini tuan rumahnya digilir di 11 Kelurahan yang ada, pelaksanaan MTQ yang ke 49 tahun ini diikuti sebanyak 66 peserta terdiri dari golongan anak-anak putra dan putri, dan golongan dewasa putra dan putri, berlangsung 9 sampai 10 Februari 2016 di Masjid Ubudiyah Jalan Bambu III.

            Menurutnya, dahulu Kecamatan Medan Timur menjadi jagonya MTQ, setiap tahun tetap meraih jura, tetapi lima tahun belakangan ini prestasi Medan Timur mulai menurun ini menjadi tantangan namun tetap terus berupaya agar MTQ tingkat Kota Medan 2016 ini berharap Medan Timur akan meraih juara umum,, “  Semoga pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Medan Timur ini berlangsung sukses dan mendapat ridho Allah serta dapat melahirkan para Qori dan Qoriah yang handal untuk berlaga di tingkat Kota Medan, “ harap Parulian. (LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS