67619 KALI DIBACA

Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin Ketua TP PKK Kota Medan

Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin  Ketua TP PKK Kota Medan
example banner

Medan | mediarealitas

Pelaksana Tugas Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara, Hj Evi Diana Erry Nuradi melantik   Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin menjadi  Ketua TP PKK Kota Medan periode 2016-2021 di Aula Martabe Kantor Gubsu,  Kamis (24/2). Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  turut mendampingi pada saat pelantikan berlangsung.

            Selain Kota Medan, Evi juga melantik Pengurus TP PKK Kota Binjai, Kota Sibolga, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Kabuopaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

            Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat keputusan TP PKK Provinsi Sumatera Utara yang dibacakan Plt Ketua TP PKK Provsu. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan  oleh Ketua TP PKK Provsu dan 13 Ketua TP PKK Kabupate/Kota yang dilantik, serta dilanjutkan dengan peneyarahan piagam penghargaan.

            Seluruh pengurus TP PKK yang baru dilantik diharapkan dapat melaksanakan kepercayaan yang diberikan  ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Artinya, sejak pelantikan ini dilakukan, maju-mundurnya  Gerakan PKK di kabupaten dan kota menjadi tanggung jawab Ketua TP PKK masing-masing.

            Ketika memberikan sambutan, Plt Ketua TP PKK Provsu mengatakan, pelantikan 13 Ketua TP PKK Kabupaten/Kota ini dilakukan sekaligus. Untuk kitu dia berharap keaktifan dan peranan ibu-ibu dalam PKK sangat penting dan strategis mengingat ruang lingkup tanggung jawab yang luas danm besar akan melekat di jabatans eorang Ketua TP PKK, seperti seluruh aspek program pokok PKK dan pengembangannya.

            “Tentunya ini dapat menggambarkan bahwa betapa besar tugas PKK di sleuruh lapisan, mulai dari kelompok dasa wisma yang ada di tengah masyarakat. Saya yakin Ketua TP PKK Kabupaten/Kota yang baru dilantik akan memberikan kontribusi besar dalam mengemban tugasnya,” kata Evi.

            Selanjutnya Evi berpesan agar terus membekali diri dengan berbagai pengetahuan, terutama tentang PKK dan kiat guna menyikapi perubahan yang ada di daerah masing-masing.Serta mengajak untuk fokus berniat cerdas, berpikir cerdas dan bertindajk cerdas dalam memajukan keluarga dengan berbagai program, fasilitas maupun inovasi sesuai dengan kearifan lokal masing-masing.

            Sementara itu Plt Gubsu, Ir H Erry Nuradi menegaskan, TP PKK untuk memelihara netralitas dan tidak berpolitik. Bila ada pengurus PKK yang menjadi anggota DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi, maka harus mengudurkan diri dari jabatan sebagai ketua TP PKK. “Harus pilih salah satu profesi sesuaid engan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Plt Gubsu.

            Di sampinmg itu, Erry juga berpesa agar Ketua TP PKK yang baru dilantik memperkuat manajemen kelembagaan, meningkatkan kemitraan dengan instansi, pengetahuan dan ketrampilan, meningkatkan program pendidikan keluarga, peningkatan pendapatan keluarga dan posyandu dalam pengentasan kemiskinan.

            “Bupati/Wali Kota selaku ketua Pembina TP PKK agar lebih meningkatkan perhatiannya terhadap kinerja lembaga ini, khususnya dalam hal penganggaran. Karena semua program ini adalah untuk kemajuan dan keberhasilan pembangunan daerah,” tegasnya.

            Usai pelantikan, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin selanjutnya menuju Gedung Dharma Wanita Kota Medan Jalan Rotan Medan. Sebab, di tempat itu digelar acara syukuran sederhana sekaligus doa atas pelantikan yang baru dilatikan.

            Selain Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution  MSi dan Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Nurul Khairani Akhyar, acara syukuran dan doa ini turut juga dihadiri  seluruh pimpinan SKPD,  camat, pengurus TP PKK  Kota Medan, kecamatan dan kelurahan serta undangan lainnya.

            Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dalam sambutannya, berharap jabatan yang diemban itu menjadi sebuah amanah dalam mendukug seluruh program-program PKK di Kota Medan. Apalagi tujuan utama Gerakan PKK untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berdaya.

            “Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Apabila keseluruhan keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan yang sejahtera dan harmonis, tentunya akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Kota Medan yang sejahtera,” ujar Wali Kota.

            Selain untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Wali Kota berharap agar Gerakan PKK juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat yang tentunya diupayakan melalui fasilitasi non instruktif, guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. “pemberdayaan ini penting karena akan menghasilkan suatu kemnadirian masyarakat,” ungkapnya.

            Sedangkan Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mengakui, tugas dan amanah yang dititipkan kepadanya  dalam menjalankan tugas PKK, tidak akan dapat dijalankan sendiri tanpa dukungan dari Wali Kota selaku Ketua Pembina TP PKK Kota Medan, Wakil Wali Kota serta semua pimpinan SKPD terkait Kota Medan selaku anggota  Pembina TP PKK.

            Di samping itu Rita juga berharap kepada seluruh anggota TP PKK Kota Medan, Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan dapat membantu dirinya dalam melaksanakan tugas-tugas PKK di Kota Medan. Termasuk, seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Kota Medan, juga diminta bantuan dan dukungannya dalam berbagai program PKK yang melibatkan SKPD terkait.

            “Semoga kegiatan yang akan kita laksanakan nanti akan terwujud sampai kepada masyarakat Kota Medan melalui kegiatan 10 program Pokok PKK. Melalui penerapan kegiatan 10 program Pokok PKK ini, kita harapkan masyarakat Kota Medan akan lebih maju, modern, madani, religius, sehat dan sejahtera. Termasuk, mendukung program Pemko Medan sesuaid engan motonya “Hari Ini Lebih Baik Dari kemarin Dan Hari Esok Lebih Cerah Dari Hari Ini”,” harap Rita.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS