51219 KALI DIBACA

DPRD: Tutup Indomaret Tak Punya Izin

DPRD: Tutup Indomaret Tak Punya Izin
Medan | mediarealitas
Komisi C DPRD Medan sepakat mendesak pemko Medan menertibkan dan menutup usaha Indo Mart yang tak memiliki izin di kota Medan. Sebab keberadaan usaha Indomart dinilai sangat merugikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta keberadaan toko modern itu sudah meresahkan dan para pedagang kecil terancam gulung tikar.
 
Kesepakatan itu diambil setelah komisi C DPRD Medan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) pihak Indomaret, di ruang komisi, Senin (1/2). Rapat tersebut dipimpin Ketua Komisi C DPRD Medan Anton Panggabean didampingi, Wakil Ketua Zulkifli Lubis, Sekretaris Ibnu Ubay Dilla, anggota Salma Alfarisi, Golfried, Boydo HK Panjaitan dan Hasyim. Sementara pihak Indomaret dihadiri Roy Panggabean dan stafnya.
 
Saat rapat, Zulkifli Lubis dengan tegas mengatakan agar Pemko Medan segera menertibkan gerai Indomaret yang tidak memiliki izin. “Kita lihat pihak Indomaret tidak memiliki niat baik untuk pengurusan izin. Terbukti gerai Indomaret yang tidak memiliki izin semakin bertambah. Ini harus ditutup karena banyak merugikan usaha lain melanggar aturan,” tegas Zulkifli.
 
Sama halnya dengan Boydo HK Panjaitan mendesak agar usaha tidak memiliki izin supaya ditutup. Tindakan tegas sangat dilakukan kepada usaha yang melanggar ini. “Tindakan tegas bagi usaha yang tidak memiliki izin harus dilakukan,. Hal itu merupakan pembelajaran bagi pemilik usaha lain yang tidak taat peraturan. Sama halnya pedagang kaki lima yang ditertibkan karena melanggar izin dan tetap ditertibkan,” terang Boydo.
 
Sementara itu, Salman Alfarisi mengatakan, hanya mengingatkan pihak Indomaret agar tidak menambah gerai Indomaret lagi. Disebutkan jumlah yang ada sekarang itu saja dipertahankan sehigga dapat menumbuhkan ekonomi usaha kecil.
      
Sedangkan Ketua Komisi C Anton Panggabean menyarankan agar pihak Indomaret tetap mengupayakan kelengkapan syarat pendirian usaha. Komisi C juga tetap melakukan pengawasan dan menyaraankan agar penambahan jumlah supaya distop.
  
Seperti yang disampaikan Roy Panggabean, jumlah gerai Indomaret di Medan sekitar 250 unit. Sementara sekitar 90 unit tidak memiliki izin dikarenakan tidak sesuai peruntukan. Namun Roy mengatakan pihaknya tetap melakukan penataan.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS