51319 KALI DIBACA

Bahaya Jika Tidak Mengganti Bantal Tidur

Bahaya Jika Tidak Mengganti Bantal Tidur

Memperhatikan kondisi dan kebersihan bantal adalah hal yang seringkali terabaikan. Mengganti bantal atau guling, seharusnya dapat Anda lakukan secara rutin paling tidak setelah tiga tahun pemakaian. Selain itu, Anda juga sebaiknya rutin mengganti sarung bantal paling tidak seminggu sekali.

Saat membersihkan seisi rumah, bantal tidur pada umumnya terlupakan. Padahal, benda ini sangat sering digunakan hampir setiap hari. Jarang atau bahkan tidak pernah mengganti bantal, dapat berdampak berbahaya bagi kesehatan leher.

Jangan sampai bantal Anda berbahaya bagi kesehatan dan kebersihan kulit. Dan hasil penilitian berikut ini akan menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mengganti bantal dan sarungnya. Tidak pernah atau jarang mengganti bantal tidur, dapat berdampak bagi kesehatan terutama leher Anda. Untuk menguji apakah bantal Anda masih layak atau harus segera diganti, lakukan tes sederhana berikut ini.

Cobalah tekuk bantal tidur Anda yang selalu digunakan setiap hari. Tekuk hingga cukup lama, dan lepaskan. Kemudian, perhatikan apakah bantal Anda kembali ke bentuknya semula ( tidak tertekuk), atau tetap terus menekuk? Jika bantal kembali ke bentuknya semula, berarti bantal Anda masih layak untuk digunakan. Namun, jika Anda melihat bantal tetap tertekuk, ini adalah tanda bahwa bantal Anda sudah tidak layak, dan sebaiknya diganti.

Bantal yang sudah lama tidak diganti, sudah tidak berfungsi sebagai mana seharusnya. Bantal, seharusnya membuat Anda dapat tidur dengan nyenyak, dan  menjaga kesehatan leher. Dengan tidur menggunakan bantal yang sama dalam waktu yang sangat lama, kemungkinan Anda akan sering mengalami sakit leher, saraf kejepit dan tidur kurang berkualitas.

Selain mengganti bantal, Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari sarung bantal. Bayangkan, kuman, bakteri, dan makhluk seperti apa yang menempel pada bantal Anda dan berjalan ke bagian wajah Anda? Cukup mengerikan bukan? Jadi, jangan sampai sarung bantal Anda menjadi tempat atau bahkan rumah bagi kuman.  Bersihkan, dan ganti sarung bantal Anda minimal seminggu sekali.

Tips mencuci sarung bantal dan bisa juga Anda terapkan untuk mencuci sprei yaitu rendam dengan menggunakan air panas, cuci menggunakan sabun, bilas hingga bersih, dan keringkan. Lakukan ini minimal setiap seminggu sekali, agar Anda tidur dengan nyenyak, sehat, dan bersih.(Viva)

Subscribe

MEDIA REALITAS