36119 KALI DIBACA

Akhyar : Petugas Satpol PP Harus Rapi dan tidak Loyo

Akhyar : Petugas Satpol PP  Harus Rapi dan tidak Loyo

Medan | mediarealitas

                Sebagai  perangat pemerintah dalam dalam  memelihara ketertiban dan ketentraman umumserta menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamongpraja  (Satpol PP)  dituntut kesiapannya tanpa mengenal waktu dan tempat. Di samping itu diperlukan fisik yang kuat serta, mengingat tugas yang dihadapi ke depan cukup berat.  Yang lebih penting lagi, penampilan petugas Satpol PP harus cukup baik karena mewakili perwajahan Pemko Medan.

                Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi pada saat memimpin apel luar biasa batalion Satpol PP di Markas Besar Satpol PP Jalan Adinegoro Medan, Kamis petang (18/2).  Apel ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan personil Satpol PP garda terdepan terdepan Pemko Medan memelihara ketertiban, ketentraman sekaligus penegakan Perda.

                Akhyar mengatakan, tugas Satpol PP cukup berat dan tidak mengenal tanggal merah. Begitu dibutuhkan kapan saja, seluruh personel harus siap. Apalagi Pemko Medan ke depan akan memerlukan banyak bantuan petugas Pemko Medan dalam menata Kota Medan menjadi lebih baik, termasuk penertiban para pedagang kaki lima maupun mengurai kemacetan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Medan.

                “Jaga fisik saudara dan penampilan harus baik. Bagaimana saudara-saudara bisa membenahi Kota Medan, sedangkan membenahi diri sendiri saja tidak mampu. Saya tidak mau melihat petugas Satpol PP loyo, berpakaian harus rapi dan tidak lusuh. Jika pun berkumis dan berjenggot, haruslah rapi,” kata Akhyar.

                Dalam apel itu, politisi PDI Perjuangan ini juga mengkritik topi yang dikenakan para petugas satpol PP. Selain lusuh, topi yang dikenakan sudah lama tidak dicuci sehingga kelihatan kotor dan kumal. “Lihat topi yang saudara-saudara kenakan, sangat lusuh dan kotor seperti sudah 6 bulan tidak dicuci-cuci. Saya tidak mau melihat topi  saudara-saudara seperti itu lagi!” tegasnya.

                Untuk itulah  Akhyar minta kepada Kasatpol PP untuk membenahi penampilan seluruh anggotanya. Selain penampilan, fisiknya juga harus ditingkatkan lagi. Pasalnya, Akhyar melihat banyak petugas Satpol PP yang  bentuk tubuhnya tidak proporsional lagi dan malah ada beberapa yang cendrung obesitas. Dengan bentuk tubuh seperti itu, Akhyar memastikan sulit untuk bekerja dengan maksimal. “ingat, tugas kita ke depan lebih berat!” ungkapnya.

                Usai memimpin apel, mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya meninjau Markas Satpol PP. Selain melihat kenderaan dan peralatan yang dimiliki, Akhyar juga mengecek kondisi sejumlah ruangan. Dia sempat menegur ada filling cabinet  (lemari arsip) yang sudah rusak dibiarkan teronggok dekat pintu kamar mandi. “Jika ini (filing cabinet)tidak dipergunakan lagi, segera koordinasikan dengan Bagian Aset dan Perlengkapan sehingga  tidak diletakkan disini,” tegasnya.

                Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan mengucapkan terima kasih kepada Wakil Wali Kota karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk mengunjungi  Markas Satpol PP pada hari pertama kerjanya. Dia berharap kehadiran itu dapat melecut dan memotivasi seluruh jajarannya untuk lebih baik lagi sesuai dengan harapan Wakil Wali Kota.

                Usai Wakil Wali Kota meninggalkan lokasi, Sofyan pun mengistruksikan kepada seluruh anggotanya agar segera menindaklanjuti apa yang disampaikan orang nomor dua di Pemko Medan tersebut.  Selain berpakaian yang rapi, Sofyan pun menegaskan supaya seluruh anggotanya menjaga bentuk tubuh, termasuk berat badan.

                “Saya tak mau ada lagi petugas Satpol PP yang kurus maupun  gemuk sekali. Bentuk tubuh kalian haruslah ideal, bagi yang bentuk tubuhnya belum idel, berupayalah sehingga ideal. Untuk ini saya tidak mau tolerir lagi,” ujar Sofyan.

                Selanjutnya  Sofyan  menegaskan akan mengambil tindakan tegas terhadap anggotanya yang tidak disiplin dan bernampilan kurang rapi. Sebab, selain Wakil Wali Kota, ia mengaku sudah beberapa kali ditegur anggota DPRD Medan terkait penampilan petugas Satpol PP. Padahal Sofyan mengaku sudah berulangkali mengingatkan kepada anggota untuk berpenampilan rapi.

                “Sudah cukup sosialisasi yang saya lakukan selama ini terkait dengan penampilan. Mulai sekarang saya akan bertindak tegas, bagi anggota yang terlihat penampilannya tidak rapi akan saya beri sanksi!?” tegasnya.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS