127119 KALI DIBACA

Randiman Lepas 160 Kontingen Pramuka Ikuti Jambore Daerah

Randiman Lepas 160 Kontingen Pramuka Ikuti Jambore Daerah

Medan | mediarealitas

            Penjabat  (Pj)  Wali Kota Medan Drs H Randiman Tarigan MAP, melepas  keberangkatan 160 penggalang  kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan yang akan mengikuti Jambore Pramuka tingkat Daerah Sumatera Utara  di Bumi Perkemahan Sibolangit  mulai 24 sampai 29 November mendatang. Pelepasan ini dilakukan di halaman tengah Balai Kota Medan. 

            Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Pj Wali Kota kepada perwakilan kontingen. Randiman mengatakan, kegiatan jambore daerah (jamda) ini memiliki nilai sangat positif dan prestise tersendiri bagi anggota pramuka. Siapa yang berhasil terpilih mengikutinya tentu menjadi suatu kebanggaan,

            Selain kebanggaan, Randiman juga berpesan seluruh  pelajaran berharga yang diperoleh dari jamda nanti harus mampu diterapkan serta diserbaluaskan kepada teman -teman yang belum berkesempatan mengikutinya. Di samping itu harus dapat meraih prestasi. “Ingat prestasi tertinggi bukanlah menjadi juara, namun kembali dari jambore ini adik-adik juga mampu menambah ilmu dan mengembangkan gugusan depanya masing -masing agar memilili kualitas terbaik,” kata Randiman.

            Selanjutnya  mantan Kadis Pertamanan dan Dinas Pendapatan Kota Medan ini meminta kepada pembina pendamping agar dapat memperhatikan dan menjaga dengan baik adik -adik kontingen pramuka Kota Medan. Kepada peserta diminta agar  menjaga kesehatan, jaga stamina dan asupan gizi agar dapat mengikuti dapat jambore ini sampai selesai.

            “Napas kalian adalah napas kota Medan, setiap langkah kalian merupakan langkah Kota Medan. Artinya jaga nama baik Kota Medan selama mengikuti kegiatan jambore. Jaga kesehatan adik -adik, apalagi saat ini musim hujan. Kalian berangkat dengan keadaan sehat, kembalinya ke Kota Medan juga harus dalam kondisi sehat”, kata Pj Wali Kota.

Sementara itu Ka Kwarcab Kota Medan, H.M Husni dalam laporannya mengatakan setelah melalui proses seleksi, maka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan mengirimkan utusan 160 orang pramuka penggalang yang terdiri dari 80 putra dan 80 putri ditambah 10 orang pendamping. Jambore ini diikuti oleh perwakilan pramuka penggalang dari 33 Kabupaten Kota se Provinsi Sumut yang berjumlah  sekitar 3.000 orang.

” Jambore merupakan pestanya penggalang yang bertujuan untuk menunjukkan kreatifitas para penggalang. Artinya adik -adik yang telah dipilih dari masing – masing Kwaran ini mampu mengukir prestasi diberbagai kegiatan dalam jambore daerah yang nantinya dapat membawa nama baik kota Medan. Selain itu, setelah mengikuti Jamda, mereka nantinya akan diseleksi ketat untuk mengikuti Jambore Nasional tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur,” ungkap Husni.

Menurut Husni, Jamda tahun ini memiliki makna yang penting yakni geliat pramuka di Kota Medan sudah mulai ada, Dengan begitu keinginan menjadikan Medan sebagai Kota Pramuka dapat segera terwujud di tahun 2016. Tentunya untuk mewujudkannya diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan Pramuka di Kota Medan.

            Diakui Husni, animo anak – anak mengikuti Pramuka terus meningkat, Hal ini dapat dilihat pada saat jambore ranting, dan lahirnya gudep – gudep baru baik itu di masing – masing sekolah negeri maupun sekolah swasta. Bahkan saat ini satuan komunitas sudah mulai ngembangkan pramuka dengan membuat gudep. Artinya ada kepedulian Pramuka yang dirasakan para pemangku yang ada kepentingan  yang ada.

            “Saya yakin jika semua pihak mau berbuat dan berbicara untuk mengembangkan pramuka akan indah suasana Pramuka di Kota Medan yang bermanfaat bagi semua untuk terhindar dari perbuatan negatif seperti bahaya narkoba dan penyakit masyarakat lainnya”, ungkapnya.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS