63719 KALI DIBACA

Pj.Walikota Buka Sosialisasi Pemberian Izin Bagi UMKM

Pj.Walikota Buka Sosialisasi Pemberian Izin Bagi UMKM
example banner

Medan | mediarealitas

Pemerintah Kota Medan Mensosialisasikan kepada seluruh Camat se kotaMedan  Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro Kecil ( modal usaha 50 juta) kebawah, dan hari ini akan dilaksanakan pembuatan stempel masing-masing Camat  untuk proses pembuatan Izin Usaha Mikro Kecil yang dikeluar oleh Camat sesuai Peraturan Walikota Medan No.16 tahun 2015 tentang Izin Usaha Mikro ( IUMK).

Hal ini disampaikan Pj Walikota Medan H Randiman Tarigan,MAP diwakili Kepala Dinas Koperasi Kota Medan H. Arjuna Sembiring,S.Sos, MSP, Rabu    ( 25/11 ) di Hotel Putra MuliaJl.Gatot Subroto.                                                                                                           

Peraturan Walikota Medan Nomor 16 tahun 2015 tentang Izin Usaha Mikro Kecil mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri No.83 Tahun 2014 tentang perizinan untuk Usaha Kecil Menengah.                                                                                                                                         Hari ini seluruh Camat se Kota Medan bersama  satu orang staf diberikan sosialisasi pedoman pemberian Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) tersebut sebelum dilaksanakan secara kongkrit di kota Medan.                                                                                            

Randiman, mengharapkan kepada seluruh Camat sekota Medan agar benar-benar pemberian izin ini sesuai dengan kondisi di lapangan, selain itu, diharapkan Camat dpat melakukan pendataan yang benar sesuai usahanya guna sebagai data base pelaku Usaha /UMK perkecamatan, Kelurahan begitu juga jenis Usahanya.

Kepada Nara sumber yang datang dari Kementerian koperasi RI, kiranya dapat menyampaikan materi-materi dan persayaratan yang diperlukan untuk penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil.

H.Arjuna Sembiring,S.Sos selaku Kepala Dinas Kopersi Kota Medan menambahkan, bahwa pengurusan Izin Usaha Mikro Kecil ini adalah gratis, dan persyaratan sangat sederhana cukup dengan KTP, Surat Permohonan Pengurusan Izin Usaha, Pasfoto dan Nomor NPWP.

“Jumlah UMKM di Kota Medan 222000, belum ada punya Izin usaha, diharapkan tahun ini sekitar 4000 izin Usaha dapat diterbitkan di kota Medan. Bagi Usaha Mikro Kecil yang mempunyai Izin di Kota Medan dapat kita daptarkan kie BRI, sehingga bagi mereka yang kurang modal bisa mendapat pinjaman dari BRI dengan jaminan izin Usaha.” Ungkap Arjuna.

Sebelumnya Risnata Sugiaty T,SE sebagai Kepala Bidang Perberdayaan UMKM kota Medan mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi pemberian Izin Usaha Kecil Mikro ini, sehubungan dengan terbitnya Peraturan Walikota Medan Nomor 16 tahun 2015 tentang Izin UMK di Kota Medan.                                                                                                                

Selain itu, dalam rangka menyambut berlakunya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), diharapkan dengan pemberian Izin Usaha ini merka dapat lebih berkembang dan bersaing dalam produk yang lebih baik dan propesional, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk yang masuk dari luar.                                                                                                               

Kegiatan sosialisasi ini diikuti 42 peserta, yang dilaksanakan satu hari penuh di Hotel Putra Mulia Jalan gatot Subroto, dan nara sumber dari Kementerian koperasi RI.” Ujar Rista.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS