54519 KALI DIBACA

Gempa Madina Dirasakan Warga Padang

Gempa Madina Dirasakan Warga Padang
example banner

PADANG | mediarealitas

Gempa berkekuatan 6 skala Richter yang terjadi di Mandailing Natal, Sumatera Utara, menggetarkan sejumlah daerah di Sumatera Barat, Ahad 8 November 2015.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, gempa terjadi di koordinat 0,57 Lintang Utara (LS) dan 98.71 Bujur Timur (BT). Tepatnya di 85 kilometer Barat Daya Mandailing Natal, Sumatera Utara. “Kedalamannya 96 kilometer,” ujar Kepala Seksi Data Informasi BMKG Padang Panjang Buha M. Simanjuntak kepada Tempo, Ahad 8 November 2015.
Buha mengatakan, gempa dirasakan di Mandailing Natal dan Padang sidempuan dengan III-IV MMI, Gunung Sitoli dengan III MMI dan Tapanuli Selatan dan Samosir dengan II MMI.

Gempa juga dirasakan di sebagain daerah di Sumatera Barat. Kata Buha, di antaranya di Pasaman Barat dengan IV MMI, di Pariaman dan Padang dengan III-IV MMI, di Padang Panjang, Batipuh (Tanah Datar) dengan II MMI, dan di Agam dengan II-III MMI.

Salah seorang warga Padang, Fikar, 23 tahun, mengaku merasakan getaran gempa tersebut. “Terasa sedikit. Berayun-ayun,” ujarnya.

Sementara, Sony Irwan, 32 tahun, warga Bukittinggi ini mengaku merasakan getaran gempa cukup lama. “Sekitar 5 detik. Berayun-ayun gitu,” ujarnya.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS