44119 KALI DIBACA

Plh Walikota Canangkan Percepatan Pelaksanaan Program Kependudukan dan KB Melalui Bhakti Sosial TNI Manunggal

Plh Walikota Canangkan  Percepatan Pelaksanaan Program Kependudukan dan KB Melalui Bhakti Sosial TNI Manunggal

Medan  | mediarealitas

                Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis mencanangkan pelaksanaanKB Kesehatan Kota Medan 2015 di Lapangan Sepakbola Jalan Kapten Rahmad Budin, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Rabu (26/8).

                Pencanangan ini turut dihadiri Dandim 0201/BS Letkol Inf Maulana Ridwan SH, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Drs Adi Wahyono MSi, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Medan Muslim Harahap, Kadis Kominfo Kota Medan Drs Darusalam Pohan, Danramil, camat, lurah, ibu-ibu Dharma Pertiwi            dan TP PKK Kota Medan serta kepala lingkungan.

                Menurut Syaiful, upaya yang telah dan terus dilakukan dalam upaya mengendalikan pertumbuhan penduduk salah satunya melalui program pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan. Program ini secara nyata bisa memberikan pengaruh yang positif sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama keluarga pra sejahtera.

                Selain itu tambah mantan Kepala Bappeda Kota Medan tersebut, program ini juga melakukan pembinaan terhadap peserta KB aktif dalam memberikan pelayanan melalui komunikasi informasi edukatif di bidang keluarga berencana, sehingga angka kelahiran dan kematian bayi serta ibu melahirkan terus cenderung dapat diturunkan.

                “Pencanangan program ini cukup penting, sebab setiap tahun sudah terbukti program ini merupakan salah satu program primadona, terutama di bidang kependudukan dan keluarga berencana. Untuk tahun ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih dari 50 persen pencapaian sasaran atau target tahunan program KB serta pembinaan terhadap peserta KB aktif,” kata Syaiful.

                Diungkapkan Syaiful, masalah kepadatan penduduk pada hakikatnya berimplikasi terhadap tatanan kehidupan masyarakt secara langsung maupun tidak langsung, seperti meningkatnya jumlah pengangguran, kemiskinan, tindak kriminalitas dan kejahatan sosial, pemukiman kumuh dan lingkungan kurang sehat.

                Atas dasar itulah Pemko Medan bersama stakeholder terkait, tidak terkecuali Kodim 0201/BS secara terus menerus berperan aktif dalam memberikan saran masukan yang konstruktif, sebagai upaya mendorong pengendalian pertumbuhan penduduk melalui perumsuan kebijakan dan penyusunan langkah strategis guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

                “Kita menyadari, jumlah penduduk yang besar, di samping bisa menjadi faktor produksi sumber daya manusia yang handal (bonus demografi), namun bisa juga menjadi beban sosial (beban demografi),” ungkapnya.

                 Untuk itu Plh Wali kota mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dandim 0201/BS beserta segenap unsur jajaran, termasuk semua pihak  atas kerjasamanya  dalam mendukug dan mensukseskan kegiatan ini. Syaiful berharap melalui kegiatan ini dapat menumnuhkan rasa kesadaran masyarakat untuk ikut dan peduli terhadap pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan membentuk keluarga kecil bahagia.

                Sementara itu Dandim 0201/BS, Letkol Inf Maulana Ridwan SH mengatakan, pencanangan percepatan pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana melalui Bakti Sosial TNI KB Kesehatan (KB-Kes) ini dilaksanakan, guna mendukung percepatan pencapaian sasaran program KB-Kes terpadu, yang merupakan salah satu upaya dipandang perlu untuk  meningkatkan  dan mengembangkan  kerjasama antara BKKB dengan TNI.

                Dandim menjelaskan, KB Kesehatan merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Apabila KB-Kes tidak berhasil, maka untuk menata kehidupan selanjutnya akan menjadi lebih sulit, laju pertambahan penduduk akan menjadi potensi ancaman nasional apabila tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

                Selanjutnya papar Dandim, wujud kerjasama program KB-Kes merupakan program lintas sektoral, dilaksanakan secara terpadu antara unsur TNI dan BKKBN serta berbagai kementrian/instansi dan organisasi sosial kemasyarakatan/LSM, tokoh masyarakat, pengusaha dan masyarakat yang mempunyai  komitmen kuat untuk peduli pada masalah kesehatan masyarakat di Kota Medan, sekaligus menunjang kelanjutan pembangunan nasional.

                “Saya berharap  kerjasama program KB-Kes secara terpadu ini dapat memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat, terutama keluarga prasejahtera. Saya yakin jika semua itu dapat diwujudkan, maka keluarga harmonis yang berkualitas akan menjadi sebuah kenyataan,”harap Dandim.

                Sebelumnya Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Medan, Muslim Harahap dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan KB-Kes Terpadu Kota Medan 2015 ini dimulai Mei s/d Oktober 2015, sedangkan pencanangannya baru dilaksanakan Rabu (26/8). Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi pelayanman KB gratis bagi keluarga kurang mampu di 21 kecamatan, donor darah, serta pemeriksaan papsmear dan kesehatan bekerjsama dengan RS Murni Teguh.

                “Target pencapaian akseptor KB selama 6 bulan (Mei s/d Oktober 2015) sebanyak 15.802 orang   meliputi IUD sebanyak 1.334 orang, implan (1.666), suntikan (5.914), pil (5.036), kondom (820), MOP (366), dan MOW (666).

                Selain itu acara pencananagan juga diisi dengan penyerahan kacamata kepada 21 koordinator KB Kecamatan, murid SMP Negeri 20 sebanyak 78 orang, SMPN Negeri 38 sebanyak 70 orang dan SMA Negeri 16 sebanyak  26 orang. Kemudian penyerahan hadiah kepada pemenang lombaTNI Manunggal KB Kes bagi koramil dan kecamatan. Serta penyerahan bantuan perbaikan atap lantai dan dinding bagi 40 KK prasejahtera.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS