44619 KALI DIBACA

Plh Wali Kota Apresiasi Festival Seni Islam 2015

Plh Wali Kota Apresiasi  Festival Seni Islam 2015

Medan | mediarealitas

                Pemko Medan  sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Festival Seni Islam 2015 di Amaliun Convention Hall Jalan Amaliun Medan, Kamis (13/8). Selain dapat memperkenalkan kebudayaan Islam kepada khalayak luas, festival  ini juga sebagai upaya untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan Islam di Kota Medan.

                Apresiasi dan dukungan ini disampaikan Plh Wali Kota Ir Syaiful Bahri Lubis diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan, Drs Hasan Basri MM. Diharapkan festival ini akan menjadi kegiatan tahunan dan rutin sifatnya. Apalagi even ini dapat mendorong generasi muda untuk turut serta melestarikan kesenian dan kebudayaan Islam di Kota Medan.

                Diungkapkan Hasan, seni dan budaya Islam sangat kaya. Bahkan berbagai unsur budaya tempat agama Islam menyebarkan ajarannya juga memiliki serta bercampur baur dengan budaya Islam itus endiri. Oleh karena itu, ini merupakan kekayaan bagi Kota Medan, khususnya agar semakin mencintai budayanya.

                “Saya menilai Festival Seni Islam ini memiliki tujuan yang baik yaitu melestarikan budaya dan seni Islam. Selain itu banyak sekali falsafah di dalamnya seperti nasyid yang mendendangkan nasehat-nasehat. Saya berharap ini terus dikembangkan sebagai bentuk kepedulian kita sebagai umat Islam yang mencintai kebudayaannya,” kata Hasan.

                Kepada seluruh peserta, pria yang masih menjabat sebagai Kepala Balitbang Kota Medan ini selanjutnya mengucapkan selamat bertanding dan menunjukkan performa terbaiknya masing-masing. Kalah maupun menang bukanlah hal utama. Yang lebih penting bagaimana agar semua secara bahu membahu dan terlibat langsung dalam pelestarian budaya Islam, terutama di Kota Medan.

                Sementara itu Dani Fredrik selaku ketua panitia menjelaskan, Festival Seni Islam 2015 ini para pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Medan. Festival ini digelar dalam rangka mengembangkan kreatifitas para pelajar, khususnya di bidang seni dan budaya Islam. “Melalui kegiatan ini kita harapkan para pelajar semakin mencintai seni dan budaya Islam,” kata Fredrik.

                Adapun festival yang diperlombakan, jelas Fredrik,  diantaranya fashion show dan lomba berhijab untuk kategori anak-anak dan dewasa. Kemudian perlombaan pantun dan seni drama yang bertujuan untuk syiar Islam. Bagi para pemenang, Fredrik mengaku panitia menyediakan hadiah menarik berupa tropi dan uang tunai.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS