50819 KALI DIBACA

Kadis Pertamanan Diminta Tertibkan Pungli di Fasum Taman

Kadis Pertamanan Diminta Tertibkan Pungli di Fasum Taman

Medan | mediarealitas

Kepala Dinas Pertamanan kota Medan diminta untuk segera menertibkan praktek pungutan liar (Pungli) terjadi di Fasilitas Umum (Fasum) tepatnya di taman-taman kota

Penegasan ini disampaikan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Medan, Ilhamsyah terkait adanya keluhan dari masyarakat yang menyampaikan kepadanya yang menyatakan ketika mereka menggunakan fasilitas umum di taman-taman kota, seperti kamar mandi dan toilet diminta uang atau dikenakan biaya Rp.1000 s/d Rp. 2000 per orang.

“Warga Masyarakat dikenakan Rp.1000 s/d Rp.2000 pada saat menggunakan fasilitas umum di tama-taman kota.”ujar Ilham.

Menurut sepengetahuannya, tidak ada peraturan daerah (Perda) yang mengatur adanya retrebusi fasum di taman-taman kota. Jadi, jika benar ada pengutipan itu dilakukan oleh oknum Dinas Pertmanan untuk segera menertibkan dan memberikan sanksi terhadap oknum tersebut. Karena, tidak ada dasar hukumnya.

Ilhamsyah menambahkan, petugas yang di percayakan untuk mengurus taman sudah tercatat sebagai Pekerja Harian Lepas (PHL). Dan jasa mereka sudah dianggarkan oleh dinas terkait, masuk dalam kategori belanja tidak langsung.

“Masyarakat bebas menggunakan fasilitas itu. Sebab bangunan yang ada, dibangun dari setoran masyarakat ke Pemko Medan melalui pajak,” imbuhnya.

Menanggapi pernyataan itu, Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan Zulkifli Sitepu membantah adanya kutipan penggunaan fasum di taman-taman kota. Ia menjelaskan bahwa petugas yang berada di taman tersebut sudah tercatat sebagai PHL dan tidak dibenarkan mengutip uang jasa kebersihan toilet atau kamar mandi.

“Jika ada kutipan yang dimaksud dan masyarakat keberatan, silahkan laporkan ke pihak yang berwajib. Kami akan tindak sesuai hukum yang berlaku. Karena itu pungli,” kilahnya.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS