65719 KALI DIBACA

2.059 Peserta Ikuti Jambore Cabang 2015

2.059 Peserta Ikuti  Jambore Cabang 2015

Medan  | mediarealitas

 Sebanyak 2.059 peserta yang berasal dari 20 Kwartir Ranting dan Utusan dari Penggalang Sekolah Luar  Biasa (SLB) mengikuti Jambore Cabang Kota Medan tahun 2015 di Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kamis (27/8). Kepala Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan H M Husni SE MSI yang membuka langsung jambore berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter generasi muda yang handal dan tangguh ke depannya,

            Husni menjelaskan, pengetahuan kepramukaan yang bersifat teknik kepramukaan tidak hanya cukup jika tidak langsung dipalikasikan. Latihan yang dilaksanakan secara rutin akan membuat adik-adik pramuka lebih memahami makna pengetahuan dan tidak sebatas hanya mengapal.

            “Bermain tali temali, morse, semaphore, pita-pita, membaca tanda jejak dalin sebagainya  jika dihayati akan membentuk karakter pramuka yang mandiri, kreatif, tidak gampak menyerah , mengajarkan kekompakan, kepemimpinan, keberanian dan kejujuran.Namun semua itu harus dilakukan dengan suka rela dan riang gembira,” kata Husni

            Selain itu pria yang menjabat sebagai Kadispenda Kota Medan itu ingin, Jambore Cabang juga menjadi media edukasi sekaligus mengasah ketrampilan yang mereka miliki. Selanjutnya seluruh hasil yang mereka terima selama menguikuti jambore dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga memberikan manfaat.

            Selanjutnya mantan Kabag Umum ini mengajak seluruh pelaku maupun penggiat pramuk dan kakak-kakak pembina.untuk terus melakukan perbaikan kuantitas maupun kualitas kegiatan-kegiatan kepramukaan di kota Medan sejalan dengan keinginan bersama  untuk menjadikan Kota Medan tahun 2016 sebagai Kota Pramuka.\

            “Kalian semua adalah generasi terpilih dari setiap Kwartir Ranting. Jambore bukanlah ajang bertanding tetapi lebih kepada pererat jalinan persahabatan diantara kalian, saling bertukar pengetahuan dan menambah pengetahuan”, ungkap Husni.

            Untuk itulah Husni ingi Jambore Cabang ini dapat menjadi ajang gembira dan belajar bagi adik – adik pramuka sekaligus pemantauan bagi pramuka penggalang berprestasi untuk selanjutnya diberikan penguatan – penguatan dalam berbagai hal, sebagai persiapan kontingen Kwartir Cabang Kota Medan pada ajang Jambore tingkat daerah Sumut dan tingkat Nasional tahun 2016 nantinya.

            Dijelaskan Husni, Kwarcab Kota Medan akan terus melakukan pembinaan terhadap generasi muda sehingga mereka terbebas dari bahaya narkoba maupun tindak krimal lainnya. Dengan demikian keberadaan pramuka akan memberikan makna dan manfaat di tengah-tengah masyarakat karena membangun generasi yang lebih baik.

            Terakhir Husni bertekad akan terus meningkatkan kualitas pelaksanaan Jambore demi kenyamanan peserta Jambore. Akan tetapi mungkin masih terdapat kekurangan dari segi pengadaan dan pengadaan sarana prasarana.  Untuk itulah akan terus dilakukan evaluasi dan perbaikan agar pelaksanaan   Jambore Cabang ke depan akan lebih baik lagi.

            Sementara itu Ketua Panitia Jambore Cabang Kota Medan, Zul Fakhri Ahmadi S. Sos dalam laporannya mengatakan, Jambore Cabang ini berlangsung selama 3 hari mulai 27 – 30 Agustus. Sebanyak 2.059 peserta mengikuti kegiatan yang mengambil tema “Dengan Pramuka Membentuk Disiplin, Mandiri dan Bertakwa Kepada  Tuhan Yang Maha Esa”. Dari 2.059 peserta itu, jelas Zul, 943 peserta putra, 970  putri dan pembina  pendamping sebanyak 146 orang.

            Dijelaskan Zul, seluruh pesertaJambore Cabang akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya, pengembangan mental spritual, pengembangan  patriotisme dan kegiatan pengembangan teknologi informatika dan teknik kepramukaan. “Melalui kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan ini, adik-adik pramuka diharapkan menjadui lebih terlatih dan terampil lagi,”  jelas Zul.

            Pembukaan jamboree Cabang ini ditandai dengan pemukaln gong dilanjutkand engan penyematan tanda peserta secara simbolis yang dilakukan Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan lokasi perkemahan. Selain bersilaturahmi dengans eluruh adik-adik pramuka, Ka Kawarcab terus memberikan motivasi dan semangat, terutama kepada peserta utusan SLB. (LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS