41719 KALI DIBACA

Wali Kota Salurkan 2.150 Paket Zakat

Wali Kota Salurkan 2.150 Paket Zakat

 

Medan  | mediarealitas

                Untuk ketiga kalinya Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyalurkan zakat  kepada warga kurang mampu, Sabtu (11/9). Kali ini zakat yang berasal dari Wali Kota beserta keluarga dan seluruh  pejabat di lingkungan Pemko Medan sebanyak  2.150 paket dan disebar di 5 kecamatan yakni Kecamatan Medan Helvetia, Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Baru dan Medan Petisah.

                Dengan demikian memasuki hari ke-24 bulan suci Ramadhan, Wali Kota sudah menyalurkan 6.250 paket zakat kepada warga kurang mampu. Sebelumnya mantan Sekda Kota Medan itu telah menyalurkan 4.100 paket zakat untuk 8 kecamatan yaitu Medan Tembung, Medan Timur, Medan Barat, Medan Perjuangan, Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Belawan dan Medan Marelan.

                Pembagian 2.150 paket zakat ini diawali Wali Kota di Kecamatan Medan Petisah. Penyaluran zakat dipusatkan di halaman sebuah masjid yang lokasinya berdekatan dengan Kantor Camat Medan Helvetia. Di tempat itu Wali kota didampingi Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) Erwin Lubis dan Camat Medan Helvetia Edi Mulia Matondang menyalurkan 500 paket zakat kepada warga kurang mampu yang berasal dari 7  kecamatan.

                Umumnya warga yang menerima paket zakat dari Wali Kota itu kaum ibu dan berusia lanjut. Selain terharu, mereka juga sangat menerima bantuan paket zakat yang berisi beras , minyak  goreng dan gula pasir ditambah uang Rp.100 ribu per-orang. Di samping memenuhi kebutuhan puasa yang menyisakan beberapa hari lagi, paket zakat itu juga dapat digunakan untuk  menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

                “Semoga paket zakat yang kita salurkan ini memberikan manfaat bagi warga yang menerimanya.  Apalagi sebentar  lagi kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri 1436 H, tentunya paket ini dapat dipergunakan untuk merayakan hari kemenangan tersebut. Melalui paket zakat yang disalurkan ini, saya beserta seluruh keluarga dan jajaran Pemko Medan ingin berbagi dengan saudara-saudaraku sekalian sehingga kita bisa bersama-sama merasakan kebahagian di hari penuh kemenangan nanti,” kata Wali Kota.

            Sebenarnya ungkap Wali kota, dirinya ingin menyalurkan paket zakat ini dengan mendatangi langsung satu persatu rumah warga sekaligus bersilaturahmi. Akan tetapi berhubung keterbatasan waktu, keinginan itu terpaksa diurungkan sehingga penyalurannya dipusatkan di halamanan masjid maupun kantor kecamatan.

            Camat Medan Helvetia, Edi Mulia Matondang mengucapkan terima kasih atas disalurkannya paket zakat ini kepada 500 warga kurang mampu yang berasal dari 7 kelurahan tersebut. “Bantuan ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi warga menyusul naiknya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok jelang lebaran,” jelas Edi.

            Setelah itu Wali Kota meneruskan penyaluran paket zakat di Kecamatan Medan Sunggal yang dipusatkan di Kantor Kelurahan Tanjung Rejo Jalan Setia Medan. Ada 500 paket paket zakat yang disalurkan untuk 500 orang warga kurang mampu dari 6 kelurahan. Seluruh warga yang menerima mengucapkan terima kasih atas paket zakat yang mereka terima tersebut.

            Selanjutnya Wali Kota menyalurkan paket zakat diteruskan di Kantor Camat Medan Selayang. Mantan Sekda Kota Medan itu pun sempat terharu, sebab warga yang menerima bantuan zakat paket itu umumnya warga kurang mampu dan kondisinya banyak sudah renta. Untuk itulah Wali Kota minta agar paket zakat yang diterima dibantu dibawakan. “Prioritaskan lebih dahulu penyaluran paket zakat kepada warga yang sudah berusia lanjut,” pesan Wali Kota.

            Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis pun langsung mengamini instruksi Wali kota. Dia langsung mengistruksikan jajarannya untuk membantu membawa paket zakat yang diterima bagi warga berusia lanjut. Sutan memastikan seluruh warga yang memiliki kupon dipastikan mendapatkan paket zakat dari Pemko Medan. “Kupon yang kita salurkan sesuai dengan jumlah paket zakat yang dibagikan,” ungkap Sutan.

            Usai meninggalkan Kantor Camat Medan Selayang, Wali Kota melanjutkan penyaluran paket zakat di Kecamatan Medan Baru. Jumlah paket zakat yang disalur sebanyak 350 paket dan terakhirnya penyaluran zakat dilakukan Wali kota di Kantor Camat Medan Petisah. Di tempat itu sekitar 300 paket telah disediakan untuk disalurkan kepada warga kurang mampu yang berasal dari 7  kelurahan tersebut.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS