45419 KALI DIBACA

Lagi, Wali Kota Salurkan 1.300 Paket Zakat

Lagi, Wali Kota Salurkan  1.300 Paket Zakat

Medan | mediarealitas

                Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali menyalurkan zakat Pemko Medan untuk 1.300 warga kurang mampu yang berasal dari 4 kecamatan di Kota Medan, Minggu (5/7).  Dengan demikian sudah 4.100 orang warga kurang mampu mendapatkan zakat yang berasal dari  hasil zakat, infak maupun sedekah Wali Kota beserta keluarga dan seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan. Sebab, sehari sebelumnya, Sabtu (4/7), Eldin juga telah menyalurkan zakat untuk 2.800 orang warga kurang mampu yang juga berasal dari 4 Kecamatan yakni Medan Deli, Medan labuhan, Medan belawan dan Medan Marelan.

                Kali ini empat kecamatan yang giliran mendapat zakat Pemko Medan masing-masing Kecamatan Medan Timur, Medan Barat, Medan Perjuangan dan Medan Tembung. Di Medan Timur, zakat yang disalurkan sebanyak 350 paket untuk 10 kecamatan. Kemudian di Medan  Barat, zakat yang disalurkan 250 paket untuk 6 kecamatan .

                Selanjutnya di Medan Perjuangan, Wali Kota menyalurkan 350 paket untuk 9 kelurahan. Sedangkan di Medan Tembung, mantan Sekda Kota menyalurkan zakat sebanyak 350 paket untuk 7 kelurahan. Seluruh paket yang disalurkan berupa beras 5 kg, minyak goreng kemasan 1 liter, gula pasir 1 kg ditambah uang Rp.100.000.

                Menurut Wali Kota, zakat yang disalurkan ini berfungsi sebagai sarana perwujudan solidaritas sosial dan  pengentasan kemiskinan bagi orang-orang kurang mampu. “Untuk itulah sudah seharusnya umat Islam dapat memahami akan pentingnya zakat, tidak terkecuali pengelolaannya yang harus profesiaonal, transparan dan tepat sasaran agar dana-dana yang terhimpun dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berhasil guna,” kata Wali kota.

                Eldin yakin jika potensi zakat dapat dihimpun dan dikelola secara baik, maka dana tersebut akan dapat menjadi dana alternative untuk penyelesaian berbagai masalah, khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan. Untuk itulah Pemko Medan mengumpulkan zakat dari seluruh SKPD untuk selanjutnya disalaurkan kepada warga kurang mampu yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan. Dari 21 kecamatan itu, sudah 8 kecamatan yang mendapatkan penyaluran zakat.

                “Saya berharap zakat Pemko Medan yang diserahkan ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang menerimanya dan dapat digunakan dengans ebaik-baiknya. Isnya Allah kita semua mendapat limpahan dari Allah SWT,” harapnya.

                Seluruh warga kurang mampu yang mendapatkan zakat Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota. Di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok saat ini, mereka mengaku sangat bersyukur mendapatkan zakat tersebut. “Selain untuk memenuhi kebutuhan puasa, paket zakat yang diberikan Pak Wali ini tentunya bisa juga kami gunakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri,” ungkap salah seorang ibu paro baya di Kecamatan Medan Timur.

                Camat Medan Timur, Parulian Pasaribu mengungkapkan, warga kurang mampu yang mendapatkan paket zakat dari Pemko Medan sebanyak 350 orang berasal dari 10 kelurahan.  Diungkapkan Parulian, seluruh warga yang mendapatkan paket  ini benar-benar kurang mampu dan umumnya tinggal di pinggiran rel.

                “Sebenarnya jumlah kelurahan di Medan Timur ada 11, namun di Kelurahan Gang Buntu tidak ada kaum dhuafanya dan didominasi etnis Tionghoa sehingga tidak ada paket yang kita salurkan kepada warga di sana,” jelas Parulian.

                Sedangkan Camat Medan Barat, Rasyid Ridho Nasution menjelaskan, warganya yang mendapatkan paket dari pemko Medan ini hanya 250 orang dari 6 kelurahan.  Untuk itu baghi warga kurang mampu yang belum mendapatkannya, Ridho mengatakan pihaknya bekerjasama dengan stakeholder yang ada telah menyiapkan sekitar 1.000 paket untuk dibagi-bagikan kepada warga kurang mampu, Senin (13/7).  “Kita rencanakan pembagian 1.000 paket ini akan dilakukan langsung Bapak Wali  Kota,” papar Ridho.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS