47319 KALI DIBACA

Wali Kota: Mari Jadikan Bulan Puasa Peningkatan Amal Ibadah

Wali Kota: Mari  Jadikan Bulan Puasa Peningkatan Amal Ibadah
example banner

 

Medan | mediarealitas

                Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh kaum Muslimin dan Muslimat Kota Medan untuk menjadikan bulan suci Ramadhan 1436 H, sebagai momentum untuk meningkatkan amal ibadah, pembinaan ahlak dan mental di tengah lingkungan keluarga maupun masyarakat. Di samping itu memperbanyak sedekah bagi yang mampu, serta melaksanakan berbagai kegiatan sosial lainnya.

                “Marilah kita jadikan bulan puasa tahun ini sebagai wahana pembinaan pribadi Muslim yang takwa dan berahlakqul karimah dengan diwujudkan dalam perilaku umat yang  rahmatan lil alaminI (umat penebar kasih sayang di alam semesta),” kata Wali kota di Balai Kota Medan, Rabu (17/6).

                Kemudian  kata wali Kota, memperbanyak dan meningkatkan berbagain ibadah selama bulan suci Ramadhan, baik di siang  maupun malam hari dengan mengadakan kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, shalat tarawih, tadarus Al Qur’an, pesantren kilat, memperbanyak zikir, tasbih, tahmid dan doa.  Serta membantu fakir miskin dan kaum dhuafa bagi warga yang mampu.

                “Saya juga berharap agar bulan puasa tahun ini menjadi momentum bagi seluruh jajaran di lingkungan Pemko Medan, sebagai peningkatan etos kerja dan peningkatan disiplin kerja  dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

                Mantan sekda Kota Medan ini selanjutnya menghimbau kepada seluruh warung maupun rumah makan agar menghormati kesucian bulan Ramadhan dengan tidak memajang makanan maupun minuman yang menggugah selera secara terbuka di siang hari, misalnya dnegan menutup steling makanan maupun tempat usahanya dengan kain penutup.

                Selanjutnya bagi warga non Muslim, Wali kota berharap kiranya dapat mewujudkan sikap toleransi dengan menghormati dan menghargai saudara-saudaranya umat Muslim yang sedang berpuasa, seperti dengan tidak merokok, makan maupun minum di kenderaan umum maupun tempat-tempat umum

                Untuk menjaga kesucian bulan puasa, Wali Kota juga telah menginstruksikan kepada seluruh tempat usaha hiburan .menutup usahanya selama sebulan penuh. Kemudian  melarang membunyikan petasan baik siang maupun malam hari.

                Di kesempatan ini, Wali Kota juga berpesan kepada seluruh orang tua agar dapat mengawasi anaknya masing-masing, terutama usai shalat subuh agar tidak ikut asmara subuh dengan kumpul-kumpul maupun berkonvoi mengendarai sepeda motyor. Sebab, Pemko Medan telah membentuk Tim Terpadu dengan melibatkan aparat kepolisian dan  TNI untuk merazia lokasi-lokasi yang dijadikan tempat mangkal maupun berkumpul.

                “Jadi marilah kita bersama-sama menjaga kesucian bulan puasa. Saya atas nama pribadi dan Pemko Medan, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga puasa dan amal ibadah yang kita lakasnakan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya sehingga diterima Allah SWT. Dan jadikan bulan puasa ini sebagai bulan peningkatan tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah,” pesannya.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS