52519 KALI DIBACA

Ribuan Warga Penuhi Pembukaan Ramadan Fair

Ribuan Warga Penuhi Pembukaan Ramadan Fair
example banner

 

Medan | mediarealitas

            Ribuan masyarakat dari segala penjuru Kota Medan menghadiri pembukaan Ramadhan Fair XII 2015 di Taman Sri Deli Medan, Minggu (21/6). Suasana reliji dan nuansa islami Nampak jelas dalam pembukaan yang dimeriahkan oleh band asal ibukota, Zivilia.   Perhelatan ini diharapkan menjadi pemersatu umat sekaligus ajang promosi wisata kota Medan dan pengembangan potensi pasar pelaku UMKM, baik kuliner maupun non kuliner.

            Pembukaan ajang ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumut T Erry Nuradi ditandai dengan pemukulan bedug. Turut mendampingi Erry, Pemangku Sultan Deli, T Hamdi Osmani Deli Khan ,Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, Kapoldasu Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo, Kasdam I/BB Brigjen Cucu Soemantri, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut Dr ATH Puji Wahono SH MHum, dan Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli.

            Sebelum membuka ajang yang sudah berlangsung selama 12 kali ini, Erry mengungkapkan kebanggaan kepada Pemko Medan yang terus meningkatkan kualitas pelaksanaan Ramadan Fair ini.  “Ramadan Fair telah menjadi tradisi di Medan. Telah dikenal, bukan hanya di Sumatera Utara, tetapi juga nasional maupun negara tetangga. Kegiatan ini telah menjadi ikon kota yang harus terus dipertahankan,” kata Erry.

            Ramadan Fair ini, lanjut, Erry merupakan wahana peningkatan citra yang baik bagi ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Keunggulan Medan dengan kekayaan bangunan bersejarah dan keanekaragaman kuliner, serta hiburan reliji dipadu secara harmonis dalam kegiatan ini.

            Mantan Bupati Sergai ini mengingatkan, agar perhelatan ini tidak menanggalkan nilai-nilai relijiusitasnya. Selain itu, para pelaku UMKM yang telah difasilitasi Pemko Medan agar menjaga kualitas produknya sehingga bisa bersaing dengan industri modern lain.

            “Saya mengimbau kepada masyarakat untuk hadir ke Ramadhan Fair selesai tarawih dan menciptakan kenyamanan agar gaung kegiatan ini bisa menyebar luas di seantero Tanah Air. Kita berharap Ramadhan Fair bisa menghadirkan suasana silaturahmi dan ukuwah Islamiyah,” katanya.

            Sebelumnya Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Ramadan fair setiap  tahun mendapat antusiasme masyarakat yang luar biasa, sekaligus  memiliki dmapak besar secara ekonomi, sosial budaya serta keagamaan. Untuk itulah sejak tiga tahun belakangan, pelaksanaan even ini digelar di tiga tempat agar dapat dinikmati seluruh warga Kota Medan secara lebih merata.

            Selanjutnya ungkap Wali Kota lagi,Ramadan Fair merupakan wadfh silaturahmi dan sarana interaksi sosial religius, sekaligus menjadikan dunia usaha, khususnya UMKM dapat berkembang serta  memperluas akses pasar produk yang dihasilkan.

            “Ramadan Fair juga diharapkan mendorong pelaku UMKM untuk semakin mampu bersaing dengan pasar modern. Karenanya, saya berharap even ini dapat mewakili relijiusitas kota, menggambarkan kota yang damai, penuh toleransi sekaligus sebagai kota multikultural,” papar Wali Kota.

            Tak lupa Wali Kota kepada panitia dan seluruh peserta (UMKM dan kuliner) , agar pelaksanaan Ramadan Fair tidak seperti pasar malam dengan tetap menjaga suasana relijiusitas dan selalu tertata dengan baik. Jadikan even ini sebagai bagian dari syiar yang mulia dengan selalu meramaikannya untuk mengikuti tausiah-tausiah agama, hiburan-hiburan relijius yang diselenggarakan secara regular selama bulan ramadhan ini.

            Terakhir mantan Sekda Kota Medan ini berpesan, ke depan Ramadan Fair dapat digelar lebih semarak lagi dan bila perlu pelaksanaannya ditingkatkan lagi sehingga bertaraf nasional dengan mengundang peserta dari luar Kota Medan, termasuk mendatangkan peserta dari luar negeri.

            “Semoga Ramadan Fair  dapat menjadi wahana promosi kota serta pemasaran daerah yang lebih luas, terutama bagi produk UMKM dan kuliner kita, serta menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Medan yang sama-sama kita cintai ini,” harapnya.

            Untuk Ramadhan Fair di Taman Sri Deli, jumlah stand sebanyak 210 dengan perincian 130 kuliner dan 80 non kuliner. Selama hampir sebulan perhelatan ini digelar, Ramadan Fair akan diisi dengan sejumlah kegiatan dan perlombaan Islami seperti lomba azan, lomba band religi, busana Muslim, peringatan Nuzul Qur’an serta hiburan musik bernuansa relijius.         Selain Taman Sri Deli , Ramadan Fair juga di gelar di Lapangan Sepakbola Mabar, Kecamatan Medan Deli dan Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan.

            Pembukaan Ramadan Fair di Taman Sri Deli berlangsung meriah, ribuan warga memenuhi bangunan  bersejarah yang dibangun pada masa Kesultanan Deli IX, Sultan Mahmud Al Rasyid Perkasa Alam sekitar tahun 1900. Seluruh pinggiran kolam dipenuhi pengunjung, selain ingin menyaksikan prosesi pembukaan, mereka juga ingin melihat penampilan Zivilia Band yang hits dengan lagu Aishiteru. (LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS